HUMASPRO
image

HUMAS PRO PASER

054324123


Jl.Noto Sunardi No.1 Tana Paser Kab.Paser Kalimantan Timur
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Arsip
Jam

Kalender


Pengunjung

Display
Slogan

MEMBANGUN DENGAN TUJUH PILAR UTAMA

image

 

MEMBANGUN DENGAN TUJUH PILAR UTAMA

Untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan percepatan pembangunan di pedasaan di semua sektor maka Alokasi Dana Desa (ADD) TA 2013 ini setiap desa minimal Rp 1 miliar dan diarahkan pada tujuh program strategis, yaitu bidang pendidikan, pelayanan kesehatan, penyediaan air bersih, penyediaan sumber energi (listrik pedesaan), pemberdayaan ekonomi kerakyatan, infrastruktur dan, pembangunan rumah layak huni.

Lebih rinci, Bupati yang 21 April 2013 akan berusia 78 tahun ini mengatakan bahwa pelayanan perhubungan yang dimaksud adalah meluputi semua aspek termasuk darat, laut, sungai dan udara.

“Kita tidak pernah berhenti membangun dan meningkatkan kualitas jalan meskipun sampai sekarang diakui masih banyak yang belum memuaskan. Bahkan sudah ratusan miliar APBD Paser digunakan untuk membangun jalan yang seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. Dan Rp 126 miliar lainnya juga telah digunakan untuk membiayai proyek jalan yang seharusya menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi. Perhubungan lain juga tidak kalah pentingnya. Saat ini kita sudah dalam tahap pelaksanaan pembangunan Bandar Udara Tana Paser, kemudian beberapa infrastruktur perhubungan laut dan sungai juga kita benahi,” beber mantan anggota DPRD Kaltim ini.

Di bidang pendidikan, pemerintah tetap melanjutkan kebijakan yang sudah berlangsung hampir satu dekade terakhir, yaitu membebaskan biaya sekolah SD-SLTA dan memberikan beasiswa stimulan serta beasiswa tidak mampu bagi mahasiswa Paser dalam maupun luar daerah.

Bidang kesehatan, salah satu indikator utamanya bisa dilihat dengan berfungsinya Rumah Sakit Umum Daerah Panglima Sebaya yang terletak di Desa Tepian Batang.

Pemerintah juga memprogramkan listrik masuk desa, baik difasilitasi oleh PLN maupun dalam bentuk lain. Dari 139 desa, saat ini baru 65 atau kurang dari separuh yang telah menikmati aliran listrik. Sementara 74 lainnya masih akan menunggu dan tahun ini jumlah 65 desa tersebut diharapkan bisa meningkat secara signifikan. Seiring dengan program listrik, Pemerintah juga mengupayakan agar air bersih bisa dirasakan oleh semua warga sampai di desa, perisir dan pedalaman.

Program lain yaitu perumahan layak huni sebenarnya sudah dimulai sejak pelantikan Bupati Paser HM Ridwan Suwidi pada periode 2005-2010 silam. Program itu menjadi menarik karena mulai dari pembagian seng secara gratis, kemudian bedah rumah, sampai program rumah layak huni dengan biaya di bawah Rp 25 juta, ternyata tidak mengurangi jumlah penyampaian dari warga maupun dari kepala desa mengenai warga yang memerlukan rumah layak huni.

Percepatan pembangunan ibu kota kecamatan pun terus dipacu pergerakannnya melalui Program Percepatan Pembangunan Berbasis Kecamatan (P3BK) dan Alokasi Dana Khusus (ADK) dengan nilai lebih kurang Rp 2 miliar setiap kecamatan yang diarahkan pada bidang pelayanan kesehatan, pendidikan, pembangunan infrastruktur, penataan kota dan pengembangan ekonomi  kerakyatan.

Selain tujuan tersebut, Bupati juga menggali informasi kendala-kendala dalam pelaksanaan kegiatan berikut langkah-langkah serta koordinasi yang ditempuh SKPD dalam menyelesaikan kegiatan atau permasalahan pelaksanaan kegiatan pembangunan.

Meski menyadari bahwa para pimpinan SKPD dalam melaksanakan kegiatan pembangunan tentu menghadapi berbagai masalah serta tantangan dan rintangan yang tidak ringan, namun Bupati tetap berharap kiranya tantangan dan kesulitan tersebut tidak dijadikan alasan untuk tidak meningkatkan kinerja. “Mari kita bangun kreativitas dan meningkatkan koordinasi antar instansi sehingga kita dapat mencapai tujuan, sasaran dan target. Semoga percepatan pelaksanaan pembangunan tahun ini dapat berjalan lancar dan pencapaiannya sesuai dengan harapan,” tandas Bupati.

 

Tue, 30 Apr 2013 @15:52


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 5+7+1

Copyright © 2014 Jimi paser · All Rights Reserved