HUMASPRO
image

HUMAS PRO PASER

054324123


Jl.Noto Sunardi No.1 Tana Paser Kab.Paser Kalimantan Timur
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Arsip
Jam

Foto

www.flickr .com
photo humaspro's items Go to photo humaspro's photostream

Kalender


Pengunjung

Display

Photo Flipbook Slideshow Maker

Slogan

PIDATO BUPATI PASER BULAN MARET

image

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PEMBUKAAN SOSIALISASI PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI NOMOR 34 TAHUN 2011 TENTANG PEDOMAN EVALUASI JABATAN

 

TANA PASER, 04 MARET 2013

 

Assalamualaikum Wr.Wb.”

Yth. Asisten Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pan & Rb Beserta Rombongan;

Yth. Sekretaris Daerah Kab. Paser;

Yth. Para Asisten;

Yth..Para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan pemerintah

      Kabupaten Paser;

 

Yth. Camat Se-Kabupaten Paser

Serta para undangan dan peserta sosialisasi sekalian yang berbahagia,

Pertama-tama marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa, Alhamdulillah berkat rahmat dan karunia-Nya jualah sampai saat ini kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan, sehingga dapat hadir di tempat ini dalam acaraSosialisasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 34 Tahun 2011 Tentang Pedoman Evaluasi Jabatan”.

Tidak lupa shalawat dan salam senantiasa kita curahkan kepada junjungan kita Baginda Rasulullah, Nabi Besar Muhammad SAW beserta sahabatnya yang menjadi teladan kita hingga saat ini dalam melaksanakan segala amal ibadah.

Hadirin yang berbahagia,

Dalam era reformasi dewasa ini perubahan lingkungan terjadi begitu cepat.  Segala aspek dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dituntut untuk selalu melakukan perubahan-perubahan kearah yang lebih baik, termasuk reformasi birokrasi.  Babak baru reformasi birokrasi dimulai pada tahun 2011 dengan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi.  Kebijakan ini ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri  Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Nomor 20 Tahun 2010 tentang Road Map Reformasi Birokrasi Tahun    2010 – 2014  dan beberapa petunjuk pelaksanaannya yang dituangkan dalam peraturan menteri yang sama.

Kedudukan Pegawai Negeri Sipil sebagai bagian dari subyek maupun obyek dari  reformasi birokrasi telah menjadi perhatian utama dan penentu keberhasilan reformasi yang sedang dilakukan. Demikian hal, seluruh pegawai Negeri Sipil dilingkungan Pemerintah Kabupaten Paser harus memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang agenda-agenda reformasi birokrasi. Untuk itu, saya sangat mendukung menyambut baik dilaksanakannya kegiatan sosialisasi tentang Pedoman Evaluasi Jabatan.   

Selanjutnya dalam pengetahuan saya, banyak sekali peraturan Peraturan Menteri PAN dan RB yang telah ditetapkan dan sebagian menjadi kewajiban setiap Pemerintah Daerah untuk melaksanakannya. Untuk itu saya berharap agar kegiatan ini perlu ditindaklanjuti dalam bentuk pendidikan dan pelatihan yang diadakan di Kabupaten Paser, agar pemahaman dan pengetahuan tentang agenda-agenda reformasi sampai kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Pemerintah Kabupaten Paser.

Hadirin yang berbahagia,

          Dalam pasal  17 ayat (1) Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 8 tahun 1974 Tentang Pokok-Pokok Kepegawaian diamanatkan bahwa setiap pegawai negeri berhak memperoleh gaji yang adil dan layak sesuai dengan beban pekerjaan dan tanggung jawabnya. Amanat tersebut belum dapat dicapai dengan baik karena belum ada regulasi berupa pedoman evaluasi jabatan yang dapat digunakan untuk membobot suatu jabatan.

          Oleh karena itu, dengan  terbitnya Permenpan & RB Nomor 34 Tahun 2011 tetang Pedoman Evaluasi  Jabatan dapat dijadikan dasar  untuk penataan  jabatan serta dapat digunakan  dalam  penyusunan formasi,  kinerja, pemberian tunjangan dan penempatan.

Penataanan jabatan melalui evaluasi jabatan merupakan bagian dari reformasi sumber daya aparatur dan hendaknya menyadarkan kita akan tugas dan tanggung jawab sebagai abdi masyarakat “jangan selalu menuntut “hak” tanpa melaksanakan kewajiban dengan sebaik baiknya“ karena dalam  evaluasi jabatan yang dievaluasi adalah  tugas pokok dan fungsi jabatan bukan evaluasi  pegawai yang menduduki jabatan.

Dalam literatur akademis juga ditemukan penjelasan bahwa  Evaluasi jabatan merupakan bagian dari proses manajemen sumber daya manusia yang digunakan untuk membobot suatu jabatan untuk menghasilkan nilai jabatan (job value) dan kelas jabatan (job class). Nilai dan kelas suatu jabatan digunakan untuk menentukan besaran gaji yang adil dan layak selaras dengan beban pekerjaan dan tanggungjawab jabatan tersebut.

Hasil akhir yang perlu kita pahami bahwa evaluasi jabatan juga hendaknya dapat mendorong  peningkatan kinerja pelayanan kepada masyarakat, sehingga ada keseimbangan antara hak dan kewajiban.

Sehubungan dengan apa yang kami paparkan tersebut diatas,  kami berharap agar seluruh peserta sosialisasi hari ini dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh. Ini kesempatan yang bagus untuk menambah pengetahuan sebagai bekal menjalan tugas pokok dan fungsi yang diamanahkan.

Hadirin Yang Kami Hormati,

Pada kesempatan ini pula secara khusus kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  yang telah  bersedia membantu kami dalam pelaksanaan  sosialisasi  ini.

          Akhirnya dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim, Sosialisasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi  Nomor 34 Tahun 2011 Tentang Pedoman Evaluasi Jabatan, hari ini, Senin, 4 Maret 2013 secara resmi dibuka.

Hadirin yang saya hormati,

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, untuk menjadi perhatian kita bersama. semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan taufik dan hidayah-nya serta melindungi kita semua. Amiien yarabbal alamiien. 

Sekian terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah,

Sumassalamualaikum Wr.Wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PEMBUKAAN ACARA PELATIHAN ANGGARAN RESPONSIVE GENDER

DI RUANG RAPAT BAPPEDA

KABUPATEN PASER,

TANGGAL 4 MARET 2013

 

Bismilahirahmanirrohim

Assalamu’alaikum, wr, wb.

Yth.      Bapak/Ibu Asisten Deputi

           Kementerian Pemberdayaan

           Perempuan dan Perlindungan

           Anak Republik Indonesia;

 

Yth.      Kepala Badan PPKB Provinsi

           Kaltim/yang mewakili;

 

Yth.    Kepala Kantor PPKB Kab. Paser;

Yth.    Kepala SKPD se Kabupaten Paser;

Para undangan dan Peserta Pelatihan Anggaran Responsif Gender yang berbahagia,

          Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena kita selalu diberikan limpahan nikmat dan kesehatan yang pada kesempatan kali ini, kita dapat bersama-sama untuk mengikuti Kegiatan Pelatihan Anggaran Responsif Gender di Kabupaten Paser.

Shalawat dan salam senantiasa kita curahkan kepada junjungan kita Baginda Rasulullah, Nabi Besar Muhammad SAW beserta sahabatnya yang menjadi teladan kita hingga saat ini dalam melaksanakan segala amal ibadah.

Bapak/Ibu sekalian yang saya hormati,

Pada kesempatan ini atas nama pemerintah Kabupaten Paser kami ucapkan selamat datang kepada Ibu dari Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak Republik Indonesia dan juga Bapak dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Timur, beliau datang ke Kabupaten Paser bukan kebetulan atau ketidaksengajaan tetapi sengaja datang atas undangan kami, untuk memberikan fasilitasi kepada kita disini terutama terkait tentang Perencanaan Pengganggaran Responsif Gender dan segala aspek yang terkait didalamnya.

Bapak ibu dan hadirin yang berbahagia,

Dalam rangka meningkatkan kedudukan peran dan kualitas perempuan serta upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat dipandang perlu melakukan strategi pengarusutamaan gender kedalam seluruh proses pembangunan nasional dan hal ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan fungsional semua instansi dan lembaga pemerintah ditingkat pusat dan daerah. Dari hal-hal tersebut dan dalam rangka mendorong, mengefektifkan serta mengoptimalkan upaya pengarusutamaan gender secara terpadu dan terkoordinasi, sehingga keluarlah Instruksi Presiden RI Nomor 9 tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Nasional.

Bapak, ibu dan hadirin yang saya hormati,

Dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat dibeberapa daerah masih terdapat ketidaksetaraan dan ketidakadilan gender dalam perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, penganggaran, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan, program dan kegiatan pembangunan di daerah. Untuk itulah Kementerian Dalam Negeri memandang perlu untuk membuat peraturan sebagaimana tertuang dalam Permendagri No. 15 tahun 2008 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender didaerah.

Secara khusus dapat disampaikan bahwa pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Paser sudah melebihi dengan apa yang diharapkan.

Dalam struktur pemerintahan daerah Kabupaten Paser, sudah banyak perempuan yang memegang jabatan sebagai pimpinan, antara lain:

-              Untuk Eselon III, 2 orang sebagai camat, 2 orang sebagai sekretaris dinas, 1 orang sebagai kepala dinas, 1 orang sebagai kepala kantor dan 1 orang sebagai staf Ahli Bupati Paser.

-              Untuk menduduki jabatan Eselon IV lebih dari 10 orang.

-              Dan anggota DPRD Kabupaten Paser 1 orang sebagai wakil ketua DPRD.

Demikian halnya dalam sosial kemasyarakatan, perempuan banyak meraih penghargaan seperti seorang petugas sanitasi terbaik yang mendapat penghargaaan dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Bapak, Ibu peserta pelatihan dan undangan yang berbahagia,

Pada pembukaan pelatihan ini, besar harapan saya kepada Bapak, Ibu kepala SKPD Pemerintah Kabupaten Paser dan Pejabat atau Staf yang direkomendasi untuk menjadi peserta dalam Pelatihan Anggaran Responsif Gender ini untuk bersungguh-sungguh mengikuti agar pengetahuan dari para fasilitator benar-benar dapat disosialisasikan di SKPD masing-masing dan kedepannya dapat diimplementasikan ke masyarakat kabupaten Paser.

Bapak/ Ibu dan hadirin yang berbahagia,

Materi yang diberikan pada pelatihan ini akan disampaikan oleh para fasilitator, dari kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia juga dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Timur, dimana semua peserta akan dibimbing dan diajak untuk membuka wawasannya, agar memahami apa yang di sebut dengan Pengarusutamaan Gender, yang menjadi isu gender itu mencakup apa saja dan sebagainya.

Kepada Bapak Narasumber baik dari Kementerian PP & PA RI dan dari Badan PPKB Provinsi Kalimantan Timur kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesediaan Ibu Bapak memenuhi harapan kami.

Bapak/Ibu hadirin yang berbahagia,

Dengan mengucapkan Bismillahirahmannirrahim Pelatihan Anggaran Responsif Gender Pemerintah Kabupaten Paser pada hari ini Senin, 4 Maret 2012, saya nyatakan di buka.

Semoga Allah SWT selalu memberi kemudahan–kemudahan dan ridhonya atas segala apa yang kita rencanakan dan lakukan.

Sekian, terima kasih.

Wabilahitaufik walhidayah

wassalamualaikum wr. wb

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER
PADA  JAMBORE PEMUDA  TINGKAT KABUPATEN
TAHUN 2013 ANGKATAN II

 

Tana  Paser, 4 Maret 2012

 

Assalamualaikum wr.wb

Yth..Unsur Muspida Kabupaten Paser dan Kepala Pengadilan Negeri Tanah Grogot;

Yth. Sekretaris Daerah Kabupaten Paser;

Yth. Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth..Peserta Jambore Pemuda Kabupaten Paser Tahun 2013 Angkatan II;

 

Serta hadirin sekalian yang saya hormati,

 

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa atas ijin dan Ridho-Nya kita dapat berkumpul bersama di tempat ini dalam keadaan sehat wal-afiat, untuk melaksanakan sebuah kegiatan yang sarat akan upaya kita dalam rangka meningkatkan sumber daya pemuda baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota sosial. 

Tak lupa shalawat dan salam kepada Nabi junjungan kita Baginda Rasulullah Muhammad SAW, yang telah diutus oleh Allah SWT sebagai rahmatan lil allamin. 

Hadirin Sekalian Yang Berbahagia,

                Jambore Pemuda merupakan sebuah program berjenjang hingga ke tingkat pusat. Kegiatan ini salah satu ajang yang strategis dalam upaya menempa mental para generasi muda sebagai calon pemimpin di masa mendatang. Selain itu, kegiatan ini menjadi ajang menjalin silaturahmi yang harmonis, bertukar informasi yang konstruktif antar pemuda baik di wilayah Paser maupun nusantara.

          Jambore Pemuda Tahun 2013 Angkatan II ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang positif yang dapat mengembangkan potensi, kreativitas dan karakter para peserta yang pada akhirnya nanti dapat mewujudkan pembangunan nasional bidang kepemudaan. Sejarah bangsa membuktikan pemuda senantiasa berada pada lini terdepan pada setiap babak perjuangan bangsa yang ditandai dengan Kebangkitan Nasional 1908, Sumpah Pemuda 1928 dan Kemerdekaan Republik Indonesia 1945. Oleh sebab itu di era reformasi ini dunia kepemudaan harus dikembangkan secara dinamis. Reformasi secara alamiah telah melakukan proses akreditasi terhadap lembaga-lembaga kepemudaan. Lembaga kepemudaan yang tidak mampu menjawab tantangan zaman atau tidak punya keberpihakan pada rakyat akan kehilangan eksistensinya. Hanya lembaga pemuda yang mampu menyerap dinamika pemuda dan perkembangan zaman yang mampu eksis.

Saya harap para peserta dapat  sama-sama menciptakan suasana kondusif, mempererat persatuan dan kesatuan demi terwujudnya cita-cita bangsa yaitu masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur. Hal ini sejalan dengan cita-cita bangsa, Paser pun ingin mewujudkan visi dan misi daerah serta “Paser Bangkit 2013”. Ini senafas dengan tema Jambore kali ini yaitu “Bangkitkan semangat kepeloporan pemuda untuk menuju Paser Sejahtera”.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Jika diteliti, kegiatan Jambore Pemuda 70% kegiatan pokok dan 30% kegiatan penunjang.           Kegiatan-kegiatan ini tentu berorientasi pada  peningkatan kualitas SDM pemuda yang diwujudkan dalam bentuk pementasan seni dan budaya, ibadah dan olahraga, dan kegiatan lainnya. Tentu semua kegiatan itu berdampak positif terhadap perkembangan mental dan pola pikir para pemuda.

Akhir-akhir ini kita menyaksikan banyak para  pemuda yang dengan mudahnya terprovokasi pada berita-berita yang kebenarannya masih diragukan. Tak jarang hal tersebut menimbulkan kegelisahan bahkan kerusuhan.

Untuk itu, saya berpesan pada kesempatan baik pada hari ini, jalinlah dan kokohkan persahabatan, tingkatkan pengetahuan dan wawasan  sehingga kalian dapat menghadapi permasalahan pribadi, sosial kemasyarakatan bahkan dunia pekerjaan dengan berbagai sudut pandang agar dapat menghasilkan solusi bijaksana.

Bangsa kita, dan tentu saja daerah kita, Kabupaten Paser, sangat membutuhkan generasi penerus yang kelak akan menerima tongkat estafet kepemimpinan dengan mental pemimpin yang amanah.

Hadirin dan Peserta Jambore yang berbahagia,

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan. Dengan mengucapkan: “Bismillahirohmannirrohim, lahaullawallakuata illabillah, hari ini, Senin, 4 Maret  2013, secara resmi Jambore Pemuda Tingkat Kabupaten Tahun 2013 Angkatan II, saya nyatakan dibuka.

Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberikan bimbingan, taufik dan hidayah-Nya kepada kita sekalian aamiin.

Doa dan perjuangan di Tana Paser

Tanami dengan segala kebaikan

Kelak kita akan menuainya bersama

 

Sekian terima kasih,

Wabilahi Taufik Walhidayah,

Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

BUPATI PASER

ttd12343

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PELEPASAN DA’I PEMBANGUNAN KABUPATEN PASER

 

Tana  Paser, 5 Maret 2013

 

Assalamualaikum Wr.Wb.

 

Yth. Tim Pembina Dai Pembangunan Kabupaten Paser 2013;

 

Yth. Para Dai Pembangunan Kabupaten Paser 2013;

Hadirin dan undangan yang berbahagia,

Dalam kesempatan yang baik ini, terlebih dahulu marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena hanya dengan izin-Nya, hari ini kita dapat kembali bertemu untuk melanjutkan tugas dan kewajiban kita  sebagai abdi masyarakat dan abdi pemerintah serta yang lebih mulia lagi adalah tugas Dai Pembangunan yang akan melakukan pencerahan terhadap masyarakat Paser di desa-desa.

Shalawat dan salam juga kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW dan keluarga serta para sahabatnya, semoga dengan berkahnya, dilepaskan kita dari segala macam kesulitan, ditunaikan hajat, dilimpahkan rezeki dan disejahterakan Bumi Daya Taka yang kita cintai ini.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Program Dai Pembangunan ini merupakan program satu-satunya yang ada di Kalimantan Timur bahkan mungkin di Indonesia. Ini adalah salah satu upaya pemerintah Kabupaten Paser dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan praktek agama Islam dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di desa.

Program ini dimulai sejak tahun 2002 dimana pendanaannya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Paser. Untuk tahun 2013 ini telah disetujui pendanaan sebesar 2,5 miliar rupiah. Dana ini sangatlah besar, sama besarnya dengan harapan pemerintah Kabupaten Paser yang menginginkan para Da’i Pembangunan dapat memberikan perubahan positif yang signifikan  terhadap pola pikir, mental dan nilai keagamaan masyarakat Paser di pedesaan.

Mengapa desa menjadi sasaran Da’i pembangunan ? Pemerintah mempunyai alasan yang sangat kuat karena desa merupakan ujung tombak pembangunan. Seiring dengan amanah pembangunan yang selalu didengungkan adalah pemerataan  pembangunan di desa. Pembangunan ini tidak hanya di bidang infrastruktur tetapi juga suprastruktur sehingga grafik kemajuannya pun harus seimbang.

Untuk itu saya berharap para Dai Pembangunan yang telah diberikan pembekalan selama tiga hari ini, dapat benar-benar melaksanakan tugasnya dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri juga kepada Allah SWT.

Anda adalah orang yang terpilih setelah melalui tes tertulis dan wawancara. Pemerintah menargetkan 139 Dai di 139 desa di Kabupaten Paser. Akan tetapi kali ini hanya 124 orang yang dinyatakan lulus.

Meski tidak bisa memenuhi rasio 1:1 atau 1 Desa 1 Dai, saya berharap tetap dapat memaksimalkan pembangunan keislaman di desa-desa.

Yakinlah bahwa jika kita memilliki niat yang tulus dan ikhlas untuk mengabdi maka kelak kita akan mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT. Semoga para da’i Kabupaten Paser yang sebentar lagi akan menyebar di desa-desa bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan harapan.

Para Hadirin, dan para Dai Pembangunan yang saya hormati,

Kabupaten Paser memiliki masyarakat yang multi-budaya, multi-suku, multi-bahasa serta memiliki latar belakang sosial ekonomi yang berbeda-beda. Untuk itu diperlukan kejelian seorang Da’i agar bisa menempatkan diri sebagai sosok tauladan yang akan selalu dinilai dan dicontoh oleh masyarakat. Pertahankan citra positif bahwa saudara-saudari adalah utusan pemerintah Kabupaten Paser yang bertugas menyebarkan kebaikan di muka bumi. 

Dan kepada Da’i senior saya juga memesankan agar lebih membuka diri terhadap perkembangan-perkembangan zaman, dan selalu siap untuk bertukar pikiran dengan siapa saja mengenai ajaran-ajaran keislaman atau norma-norma kehidupan.

Materi pada pembekalan merupakan teori yang tidak bisa dipisahkan dengan pengalaman empiris di lapangan, dengan kemampuan yang saudara miliki saya yakin saudara-saudari bisa menggabungkan antara teori dan praktek menjadi sebuah output yang mampu berperan sebagai pencerahan bagi warga di pedesaan, baik yang berada di jauh di pelosok, maupun yang menetap di daerah pesisir.

Hadirin yang berbahagia,

Saya juga perlu ingatkan bahwa selama bertugas nantinya, saudara-saudari akan berhadapan dengan berbagai macam fenomena tidak lazim, seperti adanya faham-faham yang melenceng dari ajaran agama Islam. Sebagaimana pernah disebutkan ketua MUI Paser bahwa ada puluhan aliran sesat yang ada di Kabupaten Paser, dan bisa jadi salah satu di antaranya, atau bahkan lebih akan saudara-saudari temui di desa tempat bertugas.

Saya hanya berharap semoga saudara-saudari mampu menangani masalah ini dengan arif dan bijaksana. Jangan pernah menyalahkan warga dengan pilihan hidup mereka, sekalipun itu bertentangan dengan norma-norma serta ajaran agama Islam. Ingat bahwa masyarakat di pedesaan kadang-kadang sensitif dan sangat peka terhadap kritikan, oleh karena itu sebaiknya para da’i menghindari terjadinya friksi-friksi dengan warga desa, sambil terus secara pelan-pelan merubah pola hidup menjadi lebih baik sesuai dengan norma-norma serta ajaran agama Islam yang sebenarnya.

Hadirin yang saya hormati,

          Saya mendapat laporan bahwa ada keluhan dari masyarakat mengenai domisili para Da’i. Mereka menginginkan saudara-saudari sekalian bisa lebih dekat lagi dengan mereka. Ini artinya pertemuan baik secara kualitas maupun kuantitas dapat lebih ditingkatkan lagi. Masyarakat menginginkan kehadiran penasehat spritualnya lebih dekat lagi.

          Untuk itu saya berharap, keinginan ini dapat direspon secara bijak. Jika boleh saya katakan ini bukanlah sebuah keluhan akan tetapi sebuah apresiasi terhadap keberadaan saudara-saudari di tengah masyarakat desa. Anda diibaratkan sebuah oase di padang pasir, yang kehadirannya sangat diharapkan. Seperti sabda Rasulullah SAW yaitu “Sebaik-baik manusia di antaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain " (HR. Bukhari).

Hadirin yang saya hormati,

Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, dan dengan ucapan “Bismillahirahmanir rahim”, 124 orang Da’i Pembangunan Kabupaten Paser 2013, hari ini Selasa, 5 Maret 2013 secara resmi saya lepas untuk berangkat ke desa-desa menunaikan tugas dan kewajibannya.

Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmah dan hidayah serta berkah-Nya kepada kita semua. Amin.

Sekian. Terima kasih

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PEMBUKAAN PASAR MALAM

DESA SENAKEN KECAMATAN TANAH GROGOT

TANA PASER, 5 Maret 2013

 

Assalamualaikum Wr.Wb.”

Yth.      Pimpinan SKPD dilingkungan Pemerintah Kab. Paser;

Yth.      Camat dan unsur Muspika serta Lurah Kecamatan Tanah Grogot;

Yth.      Kepala Desa dan Anggota BPD Desa Senaken;

Yth.      Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Kecamatan Tanah Grotot.

Hadirin serta undangan yang saya muliakan.

Puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas  ijin dan ridho-Nya, kita semua dapat berkumpul ditempat ini dalam acara Pembukaan Pasar Malam di Desa Senaken Kecamatan Tanah Grogot.

Shalawat dan salam juga senantiasa kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa risalah serta memberi suri tauladan dan ajaran yang mulia bagi umat manusia hingga sekarang dan sampai akhir zaman.

Hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kembali Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Paser ingin mengucapkan selamat atas diresmikannya Desa Senaken sebagai desa pemekaran baru dan semoga berbagai program-program kerja yang dilaksanakan betul-betul merupakan langkah kongkrit dalam mewujudkan tujuan pembangunan khususnya dalam memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Seperti halnya kegiatan pasar malam yang sama-sama kita saksikan hari ini, kiranya dapat dijadikan salah satu motivasi dan upaya dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat terutama masyarakat Desa Senaken khususnya dan seluruh masyarakat Kecamatan Tanah Grogot pada umumnya.

Selain itu, Pasar Senaken juga merupakan pasar induk Ibu Kota Kabupaten Pasar sehingga sudah sewajarnya dijadikan sebagai tolak ukur bagi kemajuan pasar-pasar lainnya yang ada di seluruh Kabupaten Paser.

Hadirin yang berbahagia,

Pasar adalah jantung perekomian masyarakat, jika sebuah pasar dikelola dengan baik tentu akan sangat bermanfaat  bagi masyarakat, dan yang tidak kalah penting yaitu dari aspek kebersihan dan penataan yang harus menjadi perhatian utama karena hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan masyarakat dalam melakukan semua proses transaksi jual beli.

Saya sungguh memberikan penghargaan yang tinggi, di tengah-tengah kita menghadapi kesulitan ekonomi sekarang ini, sebagaimana pula dihadapi oleh bangsa-bangsa yang lain, kita terus berkreasi untuk meningkatkan ekonomi daerah dan kesejahteraan rakyat, dalam hal ini salah satunya melalui kegiatan Pasar malam ini.

Saya juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia kegiatan pasar malam ini yang telah bekerja keras mempersiapkan segalanya, serta kepada seluruh pedagang maupun semua pihak yang turut menyukseskan terselengagarnya kegiatan ini.

Demikian kiranya yang dapat saya sampaikan, dengan harapan membawa manfaat bagi kita semua terutama didalam kita mensukseskan segala kemajuan pembangunan di seluruh Kabupaten Paser. Semoga pengabdian dan dharma bakti kita senantiasa mendapat petunjuk dan bimbingan dari Allah SWT, Amin ya rabbal alamin.

Sekian terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah,

Sumassalamualaikum Wr.Wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA RAPAT KOORDINASI PEMBAGIAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB DALAM RENCANA PENYUSUNAN PROGRAM-PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN MELALUI PELUNCURAN GERAKAN PRAKARSA MEMBANGUN MASYARAKAT INDONESIA SEJAHTERA (GEMA MITRA)

TANA PASER, 5 Maret 2013

 

Assalamualaikum wr.wb.”

Yth.             Asisten Deputi Bidang Kemitraan dan Kelembagaan dari Kemenko Kesra bersama rombongan;

Yth.             Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Kab. Paser;

Yth.             Kepala BAPPEDA Kab. Paser;

Yth.             Direktur Utama dan Manager CSR PT. Kideco Jaya Agung;

Yth.             Perwakilan CFCD dan Perwakilan Forum CSR serta PNPM Kab. Paser;

Hadirin dan undangan sekalian yang hormati.

Sebelumnya Marilah bersama-sama kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah S.W.T, karena atas ijin dan karunia-Nya, kita semua masih diberi kesempatan dan kesehatan sehingga dapat hadir dalam pertemuan ini untuk membahas dan membicarakan pembagian tugas dan tanggung jawab dalam penyusunan rencana aksi pengembangan program-program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Paser.

Shalawat dan salam juga senantiasa kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad S.A.W yang menjadi tauladan bagi seluruh umat manusia disegala zaman dan hingga saat ini dalam melaksanakan segala ajarannya.

Hadirin yang saya hormati,

Kegiatan hari ini adalah bentuk nyata perhatian Pemerintah dan khususnya Pemerintah Kabupaten Paser dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sesuai arahan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia yang dibuktikan dengan  peluncuran Gerakan Kemitraan yang bernama Gema Mitra (Gerakan Prakarsa Masyarakat Membangun Indonesia Sejahtera), yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kemenko Kesra dengan Forum Corporate For Community Development (CFCD) pada 26 November 2012 lalu, serta dilanjutkan dengan penandatanganan tentang perjanjian kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Paser dengan PT. Kideco Jaya Agung yang semua itu tujuannya adalah mengembangkan tanggung jawab secara bersama-sama dalam rangka pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan.

Saya berharap Melalui program Gema Mitra ini, salah satu upaya untuk mencapai tujuan Millenium Development Goals yaitu menurunkan angka kemiskinan dapat terealisasi. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Paser bersama semua pihak baik perusahaan-perusahaan maupun badan-badan usaha lainnya yang beroperasi diwilayah Kabupaten Paser dapat saling bekerjasama dan juga memiliki misi pengentasan kemiskinan terutama melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk dapat ditingkatkan dengan lebih terkoordinasi dan bersinergi sehingga menjadi tepat sasaran serta sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat.

Hadirin yang berbahagia,

Ada beberapa pilar utama dalam rangka percepatan pembangunan di Kabupaten Paser pada tahun 2013 yaitu peningkatan infrastruktur perhubungan terutama di pedesaan, peningkatan sarana dan prasarana bidang pendidikan maupun bidang kesehatan, listrik dan air masuk desa, pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat yang tidak mampu dan pengembangan ekonomi kerakyatan melalui pembangunan pasar-pasar pedesaan.

Semua hal tersebut merupakan tujuan pembangunan yang bermaksud untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, jika pertumbuhan perekonomian meningkat maka dampak sosialpun akan berkurang dan tentunya masyarakat akan semakin sejahtera.

Oleh sebab itu, melalui kegiatan ini mari bersama-sama kita mempersembahkan pemikiran-pemikiran dan menjadi pelopor kemajuan bidang pembangunan yang tentu saja bukan siapa-siapa kelak akan menikmatinya tetapi genarasi muda, anak dan cucu-cucu kita semua, jika dari sekarang masyarakat dapat hidup layak pasti kemiskinan akan berkurang dimasa mendatang.

Selanjutnya, atas nama Pemerintah Kabupaten Paser, Saya juga ingin mengucapkan selamat datang di Tana Paser kepada Asisten Deputi Bidang Kemitraan dan kelembagaan Kemenko Kesra bersama rombongan, karena bersedia meluangkan waktu untuk membantu dalam penyusunan rencana aksi pengembangan program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Paser.

Hadirin yang saya hormati,

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, kiranya bermanfaat dan semoga dharma bhakti kita semua dalam bekerja dan berkarya untuk mempersembahkan kemajuan pembangunan Kabupaten Paser selalu mendapat petunjuk, bimbingan dan ridho dari Allah S.W.T, Amin ya rabbal alamin

Sekian dan terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah,

Sumassalamualaikum wr.wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA MUSRENBANG TAHUN 2013

DALAM RANGKA PENYUSUNAN

RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH (RKPD)

KABUPATEN PASER TAHUN 2014

 

TANA PASER, 14 Maret 2013

 

Assalamualaikum Wr.Wb.”

Yth.         Unsur Muspida dan Ketua Pengadilan Negeri Tana Paser;

Yth.         Saudara Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Paser;

Yth.         Saudara Sekretaris Daerah Kabupaten Paser dan Kepala BAPPEDA Provinsi Kalimantan Timur;

Yth.         Para Asisten dan Pimpinan SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth.         Para Camat dan Kepala Kantor, serta Pejabat Instansi Vertikal;

Yth.         Para Pemimpin Organisasi Kemasyarakatan dan Tokoh Masyarakat;

Para undangan dan hadirin yang berbahagia.

Alhamdulillah, puji dan syukur bagi Allah SWT yang telah mengaruniakan kesempatan kepada kita semua sehingga pada hari ini, kita dapat bertemu pada Acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Paser tahun 2014.

Shalawat dan salam senantiasa kita curahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya.

Hadirin yang saya muliakan,

Dalam kesempatan pembukaan Musrenbang RKPD ini, perkenankan saya menyampaikan beberapa hal pokok yang saya anggap penting:

Pertama, Perlunya pemahaman yang sama mengenai perencanaan pembangunan yang melibatkan partisipasi masyarakat dan pemangku kebijakan dalam berbagai forum perencanaan mulai tingkat desa sampai tingkat kabupaten, serta sinkronisasi pembangunan dengan provinsi sampai tingkat nasional. Hal tersebut sangat penting agar sasaran dan kebutuhan yang variatif dapat dirumuskan dan dituangkan ke dalam dokumen rencana pembangunan

Kedua, Rancangan awal RKPD yang kita musyawarahkan hari ini, mampu menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan.

Para peserta Musrenbang serta hadirin yang saya hormati,

Beberapa prinsip dasar yang harus tetap menjadi acuan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yakni :

Yang pertama, mengupayakan penyediaan kebutuhan pokok masyarakat yang dilaksanakan sekaligus untuk pemulihan perekonomian masyarakat, usaha kecil dan menengah melalui koperasi atau melalui sistem produksi ekonomi kerakyatan.

Yang kedua, infrastruktur diarahkan untuk peningkatan fungsi sarana dan prasarana sosial ekonomi masyarakat dengan tetap memperhatikan terpeliharanya fungsi lingkungan hidup;

Yang ketiga, melanjutkan pemeliharaan jalan, pemanfaatan jaringan irigasi dan penyediaan fasilitas air bersih serta listrik masuk desa di kecamatan;

Yang keempat, melengkapi atau membangun fasilitas-fasilitas pelayanan umum yang belum ada baik berupa pembangunan gedung balai pertemuan umum dan fasilitas olahraga serta fasilitas/kantor lembaga-lembaga yang belum ada termasuk pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat tidak mampu;

Yang kelima, menciptakan lapangan kerja yang luas dan pengentasan penduduk miskin melalui usaha-usaha peningkatan produksi non migas;

Yang keenam, peningkatan penanganan di bidang pendidikan dan kesehatan termasuk pembangunan sarana dan prasarana seperti Pusban, rumah bidan/perawat di desa dan peningkatan bangunan-bangunan sekolah, serta upaya memenuhi kebutuhan dasar dan fasilitas sosial bagi seluruh lapisan masyarakat baik perkotaan, perdesaan, maupun masyarakat yang ada di kawasan pantai dan pedalaman;

Yang ketujuh, meningkatan keterkaitan program dengan mendorong dan menumbuh-kembangkan partisipasi dan kemandirian masyarakat dalam mendukung aktivitas kemajuan pembangunan.

Para peserta Musrenbang serta Hadirin yang saya hormati,

Demikianlah pesan-pesan dan harapan-harapan Saya. Dan Saya berdoa ke hadirat Allah SWT, semoga kita semua diberikan kekuatan lahir dan bathin, serta kejernihan dalam berfikir selama mengikuti Musrenbang ini. Dengan demikian kita akan dapat merumuskan apa yang terbaik bagi masa depan Kabupaten Paser.

Akhirnya, dengan mengucapkan ”Bismillahirrahmanir rahim” Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Paser Tahun 2013, hari ini Kamis, tanggal 14 Maret 3013 secara resmi Saya nyatakan dibuka.

Sekian terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah,

Sumassalamualaikum Wr.Wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PEMBUKAAN PEMBINAAN FORUM KEWASPADAAN DINI MASYARAKAT KALIMANTAN TIMUR (FKPMKT) BAGI PENGURUS FKPMKT KECAMATAN, KELURAHAN/DESA SE-KECAMATAN LONG IKIS

TANA PASER, 14 Maret 2013

 

Assalamualaikum Wr.Wb.”

Yth.      Pimpinan SKPD dilingkungan Pemerintah Kab. Paser;

Yth.      Camat dan unsur Muspika serta Lurah Kecamatan Long Ikis;

Yth.      Para Kepala Desa dan Anggota BPD Kecamatan Long Ikis;

Yth.      Seluruh Pengurus FKPMKT di Kecamatan Long Ikis;

Yth.      Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Kecamatan Tanah Grotot;

Hadirin serta undangan yang saya muliakan,

Puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas  ijin dan ridho-Nya, kita semua kembali dapat berkumpul ditempat ini dalam acara Pembukaan Pembinaan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kalimantan Timur (FKTMKT) bagi Pengurus FKTMKT Kecamatan, Kelurahan/Desa se-Kecamatan Long Ikis.

Shalawat dan salam juga senantiasa kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang selalu menjadi suri tauladan bagi seluruh umat manusia di segala zaman.

Hadirin yang saya hormati,

Dalam berbagai kesempatan Saya selalu menekankan Kepada Pengurus FKPMKT, FKUB dan FKDM serta Bapak-Bapak sekalian yang hadir pada saat ini maupun seluruh masyarakat Kabupaten Paser untuk terus meningkatkan tali silaturahmi,  kerukunan, dan persatuan diantara kita semua. Jadikanlah semua perbedaan identitas ataupun perbedaan-perbedaan yang lain tidak menghalangi untuk kita senantiasa dekat, rukun, bersatu dalam mengemban amanah dan tugas kita secara bersama. Seperti halnya dalam ajaran Islam yang melarang kita untuk memutuskan tali silaturahmi antara sesama, justru untuk menjalankan tugas bersama kita harus melakukan hal-hal yang baik, yang berguna bagi masyarakat, dan terutama untuk kepentingan  pembangunan Kabupaten Paser menuju masa depan yang lebih baik.

Sesuai dengan tema kegiatan hari ini yaitu “Bersatu dalam Keberagaman untuk Mewujudkan Hidup Berdampingan, Rukun dan Damai dalam Kemajemukan Suku, Agama dan Budaya di Kabupaten Paser,” semua langkah-langkah maupun sistem yang dianggap efektif untuk dilakukan agar dapat tersusun dan disepekati bersama karena tugas dan kewajiban Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) harus betul-betul berperan aktif dan mampu menciptakan kerukunan dalam kemajemukan masyarakat khususnya di Kabupaten Paser, karena seperti kita ketahui bersama bahwa berbagai suku atau etnis dari seluruh Indonesia ada diwilayah ini.

Hadirin yang berbahagia,

Melalui forum-forum yang telah ada baik FKTMKT, FKUB dan FKDM kiranya dapat terus bekerja sebaik mungkin, dan tetap mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 tahun 2006, Sehingga dalam menjalankan misi bersama untuk mengelola kehidupan bermasyarakat agar hidup berdampingan secara damai dapat terwujud.

Saya yakin bahwa kita semua yang ada di ruangan ini adalah insan yang beriman, yang berilmu dan tentu ingin mengamalkan apa yang kita miliki untuk kebaikan bersama. Kita ketahui pula bahwa agama Islam maupun agama-agama lainnya sangat menganjurkan bagi setiap umatnya untuk terus meningkatkan ilmu dan pengetahuannya, agar dengan ilmu dan pengetahuan tersebut mampu menjalankan hidup dan menuju kehidupan yang semakin lebih baik di masa mendatang.

Sejalan dengan itu diharapkan kegiatan pembinaan ini dapat menjadi wadah dalam menuangkan pemikiran-pemikiran positif berdasarkan pengalaman dan kekayaan ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk membuat strategi pengayoman yang tepat terutama sebagai organisasi yang merupakan perpanjangan tangan Pemerintah dalam menekan sedini mungkin permasalahan-permasalahan atau kejadian-kejadian yang mungkin timbul ditengah-tengah masyarakat agar dapat diantisipasi dengan memberikan solusi maupun harapan-harapan.

Oleh  karena  itu,  Saya  berpesan  baik  kepada  narasumber maupun  peserta  harus  terjalin keseriusan  dalam memahami maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini sehingga bermakna sebagai proses dalam penguasaan tugas dan kewajiban organisasi.

Selain itu, kepada Camat, Lurah  dan para Kepala Desa sebagai penasehat atau pembina FKDM kiranya dapat memberikan pembinaan kepada pengurus FKDM melalui kegiatan-kegiatan kemasyarakatan terlebih yang bersifat sara, konflik ataupun sengketa ditengah masyarakat.

Hadirin yang saya hormati,

Demikian yang dapat saya sampaikan, kiranya bermanfaat dan semoga apa yang kita kerjakan dan apa yang kita persembahkan demi kemajuan Kabupaten Paser selalu mendapat bimbingan dan petunjuk dari Allah SWT, dan dengan mengucap “Bismillahirrahmanirrahim” Kegiatan  Pembinaan  Forum Kewaspadaan  Dini  Masyarakat Kalimantan  Timur  (FKPMKT)  bagi Pengurus  FKPMKT  Kecamatan, Kelurahan/Desa  se-Kecamatan  Long Ikis  hari  ini Kamis, Tanggal 14 Maret 2013 secara resmi saya nyatakan dibuka.

Sekian terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah,

Sumassalamualaikum Wr.Wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA WISUDA XI STRATA SATU (S-1)

STIE WIDYA PRAJA KABUPATEN PASER

TANA PASER, 14 Maret 2013

 

Assalamualaikum Wr.Wb.”

Yth.      Ketua DPRD Kab. Paser;

Yth.      Unsur Muspida dan Ketua Pengadilan Tana Paser;

Yth.      Ketua Yayasan Tri Sukses Golkar;

Yth.      Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan;

Yth.      Ketua dan Segenap Civitas Akademika STIE Widya Praja Tana Paser;

Yth.      Pimpinan PTS se-Tana Paser;

Para Wisudawan / Wisudawati, undangan serta hadirin yang berbahagia.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inayah-Nya serta memberikan kesehatan dan kesempatan kepada kita semua sehingga dapat menghadiri upacara Wisuda ke-XI Strata Satu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Praja Tana Paser yang penuh kebahagiaan ini.

Shalawat dan salam juga senantiasa kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, bersama keluarga dan sahabat-sahabatnya.

Hadirin, Wisudawan dan Wisudawati yang Berbahagia

Syukur Alhamdulillah dan berbahagia adalah ucapan yang paling layak bagi Anda, para wisudawan wisudawati, yang hari ini dengan suka cita dan kebahagiaan yang tak terhingga hadir dalam acara puncak perjuangan akademik saudara dalam meraih cita-cita. Kami ucapkan selamat atas sukses yang telah Saudara capai. Semoga keberhasilan ini bermanfaat bagi Saudara, keluarga, dan masyarakat Paser pada umumnya.

Hari ini merupakan puncak dari perjuangan yang Saudara lakukan selama beberapa tahun terakhir. Tak terhitung pengorbanan Saudara dalam membagi waktu antara keluarga tercinta, pekerjaan dan jadwal perkuliahan yang padat.

Namun semua itu tidak dapat dibandingkan dengan pencapaian prestasi yang telah Saudara raih. Selamat kepada Saudara yang telah lulus, pesan saya, jangan pernah merasa puas dan berhenti belajar dengan pencapaian hari ini. Hari ini bukanlah akhir dari perjuangan, namun merupakan pertanda terhadap perjuangan baru yang akan Saudara hadapi.

Perlu Saudara ketahui, bahwa menyandang status sarjana bukanlah sesuatu yang selamanya bisa dibanggakan. Ada tugas besar menghadang  Saudara  seiring dengan status Saudara. Prestasi dan pencapaian akademik adalah sesuatu yang Saudara harus pertanggung jawabkan secara akademik pula. Untuk itu, berjalanlah sebagai seorang sarjana sejati. Tunjukkanlah kepada orang lain, bahwa Saudara memiliki pola pikir yang berbeda, karena Saudara adalah insan yang pernah berkutat dalam dunia akademik. Saudara mempunyai kemampuan dalam memecahkan masalah secara lebih sistematis dan bijak. Itulah yang membedakan  antara Saudara dengan orang lain di sekitar.

Hadirin, Wisudawan dan Wisudawati yang berbahagia,

Selain berorientasi untuk mencari pekerjaan Saya juga berharap agar kiranya dengan pengalaman dan kemampunan serta kompetensi yang dimiliki Saudara dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Selama menjalani proses perkuliahan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Praja, Saudara telah dibekali pengetahuan agar memiliki kompetensi di dunia kerja.

Harapan kami, setelah ini Saudara bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau melanjutkan karir sesuai dengan kompetensi masing-masing.

Kepada para Wisudawan dan Wisudawati, saya berpesan semoga Saudara bisa membangun nilai kepribadian agar nantinya dapat menjadi orang baik dan berkualitas di dunia kerja. Seiring dengan itu saya mengharapkan lembaga STIE Widya Praja Tana Paser dapat mewujudkan output lembaga pendidikan yang selalu mengedepankan kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab dan memiliki kompetensi.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Paser, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan sekaligus selamat kepada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Praja Tana Paser atas terakreditasinya sebagai Lembaga Pendidikan yang sejak tahun 1997 selalu konsisten dalam meningkatkan kualitas SDM di Paser terutama dalam bidang ekonomi.

Untuk ke depannya, Saya mengharapkan  STIE Widya Praja dan lembaga-lembaga pendidikan tinggi lainnya di Kabupaten Paser agar lebih serius dalam mempersiapkan kualitas Sumber Daya Manusia sehingga bisa memiliki kemampuan, daya cipta dan daya saing yang tinggi. Dengan demikian Pemerintah Daerah memiliki alasan yang cukup kuat untuk memfasilitasi alumni-alumni yang belum bekerja untuk bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kompetensi dan kemampuan akademik yang dimilikinya, baik di lingkungan Pemerintahan, BUMN, BUMD, perusahaan asing, maupun swasta.

Hadirin yang saya hormati,

Demikian beberapa hal yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga Allah SWT selalu menuntun setiap langkah kita dalam mencerdaskan masyarakat di Bumi Daya Taka. Amin ya rabbal alamin.

Sekian terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah,

Sumassalamualaikum Wr.Wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PELANTIKAN

PANITIA PENGAWAS

PEMILIHAN UMUM KECAMATAN

(PANWASCAM) KABUPATEN PASER

 

Tana Paser, 09 Maret 2013

 

 

Yth.         Ketua DPRD Kabupaten Paser;

Yth.         Unsur Muspida Kabupaten Paser dan Ketua Pengadilan Negeri Tanah Grogot;

Yth.         Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

 

Yth.         Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Paser;

Undangan dan Hadirin yang Berbahagia,

Sebagai umat beragama, perkenankan saya mengajak hadirin untuk senantiasa bersyukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita dapat hadir di ruangan ini dalam sebuah acara penting yaitu  pelantikan Panitia Pengawas Pemilihan Umum untuk  Kecamatan (Panwascam)  se-Kabupaten Paser.

Tak lupa salawat dan salam kita haturkan kepada Baginda Rasulullah SAW, Al-Amin yang terpercaya dalam mengemban tugas kerasulannya.

Hadirin yang berbahagia,

Pemilihan Umum atau Pesta Demokrasi sebentar lagi akan dilaksanakan. Nuansa politik sudah mulai terasa kian kental. Inilah khas dari sebuah negara yang menganut sistem demokrasi, “dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat”. Pemilihan umum perlu dimaknai sebagai jembatan menuju masa depan. Pemilu juga sebagai evaluasi dari sebuah mekanisme demokrasi dalam pengelolaan negara.

Pada tiga tahun ke depan ini berturut-turut kita akan melaksanakan Pemilhan Gubernur, Pemilihan Anggotaa Legislatif, Pemilihan Presiden dan Pemilihan Bupati Paser.

Agenda Pemilihan yang sebentar lagi adalah Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur yang akan dilaksanakan pada 10 September 2013.

Penyelenggaraan ini akan menjadi barometer bagi penyelenggaran pemilhan berikutnya. Mengapa dijadikan sebagai barometer ? ini bukanlah tanpa alasan. Hal yang paling mendasar adalah kesiapan dan tekad serta kerja keras para pelaku terutama yaitu para pengawas pemilu untuk memberikan yang terbaik bagi suksesnya pesta demokrasi di Kabupaten Paser.

Tingkat keberhasilannya haruslah terukur dan mampu membawa dampak perubahan bagi pelaksanaan pesta demokrasi sekecil apapun sehingga dapat menjadi barometer pelaksanaan Pemilukada Kabupaten Paser mendatang.

 Saya menaruh kepercayaan kepada penyelenggara dan pengawas pemilu di daerah kita. Para anggota panitia pengawas haruslah bersikap netral, profesional, taat azas dan aturan sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang. Netral artinya setiap anggota Panwaslu Kecamatan dalam melaksanakan tugasnya tidak boleh memihak salah satu calon kandidat. Dengan demikian diharapkan Pemilu dapat berjalan tertib, aman, damai dalam suasana kekeluargaan.

Hal yang paling krusial dan menjadi tupoksi anggota Panwaslu Kecamatan adalah melakukan pengawasan yang ketat terhadap pelaksanaan. Ini dimaksudkan akan meminimalisir pelanggaran yang sering terjadi dalam pelaksanaan pesta demokrasi.  Dengan pengalaman-pengalaman ini menghindari benturan-benturan kepentingan yang pada akhirnya mengorbankan masyarakat.

Selain itu, anggota Panwaslu Kecamatan harus memiliki integritas serta mampu menghindari diri dari hal-hal yang dapat mencederai pelaksanaan demokrasi. Dalam melakukan pengawasan, anggota Panwaslu harus mampu menunjukkan sikap arif dan santun, konsisten serta tidak melampaui kewenangan.  Lakukan yang semestinya saudara-saudara lakukan dan jangan pernah lakukan yang tidak semestinya saudara lakukan.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

 Jika ada temuan di lapangan terkait pelanggaran Pemilukada,  anggota Panwaslu harus sesegera mungkin dicermati dan dilaporkan untuk diproses lebih lanjut.  Jangan takut dan bimbang menyuarakan pelanggaran yang terjadi. Karena ini adalah tanggung jawab kita atas semua pekerjaan kita kepada masyarakat Paser.

Anggota Panwaslu yang berbahagia,

Sebelum menutup sambutan ini, saya mengingatkan lagi, agar sumpah jabatan sebagai anggota Panwaslu Kecamatan dapat dipegang teguh mengingat posisi strategis yang sangat menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemilu. Anggota juga harus menyadari bahwa mungkin ada oknum-oknum yang memanfaatkan situasi pemilu secara tidak bertanggung jawab yang dapat menyebabkan dampak berkepanjangan yang merugikan masyarakat.

Semoga pelaksanaan ini mendapat dukungan dari seluruh elemen masyarakat Paser sehingga  berjalan dengan baik, aman dan terkendali.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan.

Sekian, terima kasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PESTA TUTUP/BUKA TAHUN 2013

KERUKUNAN RAJA SILAHISABUNGAN, BORU,

BERE, DAN IBEBERE SE-KALIMANTAN TIMUR

 

Tana Paser, 10 Maret 2013

 

Assalamualaikum wr.wb

 

Salam sejahtera bagi kita semua

Yth.    Unsur Muspida Kabupaten Paser;

Yth.    Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth..Ketua beserta Anggota Punguan Silahisabungan Kabupaten Paser;

Serta hadirin sekalian yang berbahagia,

           Dalam suasana yang baik ini perkenankanlah saya mengajak hadirin sekalian untuk memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, kita  hadir bersama-sama menghadiri acara Pesta Tutup/Buka Tahun 2013 Kerukunan Raja Silahisabungan, Boru, Bere dan Ibebere se-Kalimantan Timur.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

           Kerukunan Raja Silahisabungan, Boru, Bere dan Ibebere se-Kalimantan Timur patut diapresiasi mengingat kerukunan dan jalinan silaturahmi merupakan salah satu upaya kita dalam menjembatani segala perbedaan, kesamaan dan saling menghargai sebagai antar sesama dan makhluk Tuhan yang tidak dapat sendiri.

Hadirin yang berbahagia,

           Saya berharap ini tidaklah sebuah seremonial semata namun lebih memiliki makna yang dalam. Baik terkait sebagai individu, sosial kemasyarakatan dan keagamaan. Terlebih lagi jika dapat memberikan sumbangsih terhadap kemajuan dan pembangunan di Kabupaten Paser.

           Jagalah kerukunan ini sebaik-baiknya, karena pembangunan yang dilaksanakan tidak akan berjalan baik  dan akan  terhambat apabila ada perselisihan, perpecahan, atau konflik di tengah-tengah masyarakat.

           Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya ingin mengajak seluruh komponen masyarakat Kabupaten Paser, khususnya Kerukunan ini, untuk terus menjaga dan meningkatkan persatuan dan kesatuan yang merupakan modal utama bagi kita untuk membangun Kabupaten Paser yang lebih baik.

           Semangat persatuan dan kesatuan ini akan memandu kita untuk selalu mengedepankan rasa kekeluargaan, kebersamaan, dan persaudaraan dalam bermasyarakat sehingga kita bisa hidup secara berdampingan.

Bapak, Ibu, dan Hadirin yang berbahagia,

           Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini.          Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu membimbing dan melindungi kita semua. Amiien yarabballamien.

Sekian terima kasih,

BUPATI PASER

 

Ttd

 

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA SOSIALISASI DAN ADVOKASI KEBIJAKAN PENGHAPUSAN BUTA AKSARA PEREMPUAN (PBAP) DI KABUPATEN PASER,

DI SELENGGARAKAN BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN KELUARGA BERENCANA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DENGAN KANTOR PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN KELUARGA BERENCANA

 KABUPATEN PASER

 

TANA PASER, RABU, 13 MARET 2013

 

 

 

Bismillahirrohmanirrohim,

Assalamualaikum wr. wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,

Yth. Kepala Badan Pemberdayaan  Perempuan & KB Provinsi Kalimantan Timur;

Yth. Kepala Kantor Pemberdayaan  Perempuan & KB Kabupaten Paser;

Bapak/Ibu peserta Sosialisai dan Advokasi Pemberantasan Buta Aksara Perempuan,

            Diiringi puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT atas berkat rahmat dan karunianya di pagi hari ini kita dapat berkumpul dan bertatap muka dalam acara Sosialisasi dan Advokasi Pemberantasan Buta Aksara Perempuan di Kabupaten Paser.

            Kami ucapkan selamat datang kepada Kepala Badan PPKB Provinsi Kalimantan Timur beserta rombongan di Bumi Daya Taka, Kabupaten Paser.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari peraturan tiga menteri yaitu Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Dalam Negeri.

Kegiatan sosialisasi dan advokasi pemberantasan buta aksara perempuan ini  pada intinya untuk mensinergikan seluruh kekuatan yang ada baik dari sektor pemerintah maupun non pemerintah dalam pemberantasan buta aksara perempuan Kalimantan Timur dan lebih khusus lagi di Kabupaten Paser.

 Beberapa permasalahan mendasar saat ini yang dirasakan diantaranya adalah rendahnya partisipasi perempuan dalam pembangunan, rendahnya kualitas hidup dan peran perempuan terutama dibidang pendidikan.

Namun secara khusus, dapat saya sampaikan bahwa keikutsertaan perempuan baik dipemerintahan, organisasi kewanitaan serta prestasi, perempuan di Kabupaten Paser telah menunjukkan eksistensinya.  Ini bisa kita lihat dengan banyaknya perempuan yang memegang jabatan strategis di beberapa SKPD. Kemudian seorang petugas sanitasi yaitu seorang perempuan yang pada tahun 2012 kemaren menerima penghargaan bergengsi dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Dan prestasi perempuan lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Bapak ibu sekalian yang saya hormati,

Tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah dalam rangka menurunkan jumlah buta aksara perempuan di Kabuapten Paser khususnya, meningkatkan pemahaman dan langkah konkrit kepada masyararakat atau lembaga dalam menyebar luaskan informasi tentang pemberantasan buta aksara perempuan. Mendorong pemerintah daerah kabupaten dan instansi terkait untuk melakukan pendataan buta aksara perempuan sehingga diperoleh data yang akurat yang diperlukan untuk perencanaan program.

Melakukan kolaborasi dengan dinas, instansi terkait, organisasi perempuan dan organisasi kemasyarakatan dalam memfasilitasi pelaksanaan pendidikan keaksaraan fungsional bagi perempuan. 

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Mengingat pentingnya upaya untuk memberantas buta aksara khususnya buta aksara perempuan, maka berbagai strategi dilakukan untuk  percepatan pemberantasan buta aksara perempuan sesuai dengan rumusan yang  cermat dan teliti. Diharapkan agar semua pihak, khususnya mereka yang konsisten terhadap upaya pemberantasan buta aksara perempuan untuk lebih giat dalam melakukan program - program advokasi terhadap perempuan - perempuan penyandang buta aksara.

Dengan advokasi ini diharapkan upaya pemberantasan buta aksara perempuan dapat lebih cepat dilakukan Kabupaten Paser ini, salah satu langkah untuk memberantas buta aksara perempuan diantaranya dengan semakin memperbanyak kelompok - kelompok belajar bagi kaum buta aksara yang ada didesa - desa dan kelurahan. Kelompok - kelompok belajar tersebut harus difasilitasi secara maksimal oleh pemerintah daerah melalui instansi terkait sehingga mampu mendorong upaya pembelajaran yang maksimal bagi mereka yang terlibat didalamnya.

Keberhasilan terhadap pemberantasan buta aksara didaerah ini tentu akan menjadi nilai tambah bagi pemerintah daerah, dimana dengan semakin rendahnya angka buta aksara perempuan, tentunya semakin tinggi pula angka partisipasi kerja perempuan didaerah ini. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap upaya - upaya kesetaraan gender yang saat ini menjadi salah satu isu paling menonjol dalam konteks politik dan pemerintahan di negeri ini. Hal ini tentu juga menjadi indikator keberhasilan pembangunan yang tak kalah pentingnya bagi daerah.

Hadirin yang berbahagia,

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Paser pada tahun 2009, 2010 dan 2011 indeks angka melek huruf adalah 95,41 persen, 96 persen dan 96,70 persen. Ini menunjukkan peningkatan terus terjadi setiap tahunnya.  Peningkatan ini tentu hasil dari program pemerintah yang berupaya meningkatkan derajat pendidikan di Kabupaten Paser.

Sejak tahun 2006, Kabupaten Paser telah membebaskan biaya pendidikan dari tingkat dasar hingga tingkat menegah atas. Selain itu, melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Paser, tiap tahunnya selalu memberikan beasiswa berprestasi dan tidak mampu. Serta menyekolahkan putra-putri Paser seperti jurusan kebidanan, perawat, ahli gizi, kedokteran, PAUD hingga sekolah keagamaan Islam yang pada akhirnya lulusan ini akan diberdayakan pada infrastruktur yang telah dibangun dan mendukung visi dan misi Kabupaten Paser serta program-program Paser Bangkit 2013.

Bapak/Ibu sekalian yang saya hormati,

Oleh karena itu, kepada semua pihak yang berkonsentrasi terhadap upaya - upaya pemberantasan buta aksara perempuan, mari kita bersinergi dan bekerjasama, sehingga segala macam tantangan yang menghadang dapat lebih mudah kita hadapi dan lewati. Kepada SKPD  utama yang terkait langsung kebijakan  ini khususnya Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, untuk terus meningkatkan kinerja sehingga berbagai kebijakan, strategi dan program yang telah dirumuskan dapat terimplementasi dengan baik dan mampu mencapai target yang diharapkan.

Kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Badan PPKB Provinsi Timur atas nama Pemerintah Kabupaten Paser kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dipilihnya Kabupaten Paser untuk pelaksanaan kegiatan ini.

Bapak/Ibu hadirin yang kami muliakan,

Dengan ucapan “Bismillahirahmannirrahim”,

Sosialisasi dan Advokasi Pemberantasan Buta Aksara Perempuan di Kabupaten Paser, hari ini, Rabu, 13 maret 2013, secara resmi saya nyatakan di buka.

            Semoga Allah SWT selalu memberi kemudahan – kemudahan dan ridhonya atas segala apa yang kita rencanakan dan lakukan.

Amiien yarabballamien,

Wabilahitaufik wal hidayah,

Wassalamualaikum wr. wb

                                                                                     BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

         

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PEMBUKAAN MUSABAQAH TILAWATIL QURAN (MTQ) KE-38 KABUPATEN PASER

 

Tana Paser, 15 Maret  2013

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.         Saudara Ketua dan Anggota DPRD Kab. Paser;

Yth.         Saudara Ketua Pengadilan dan Unsur Muspida Kabupaten Paser;

Yth.         Saudara Sekretaris Daerah Kabupaten, dan Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth.         Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Paser;

Yth.         Ketua MUI dan organisasi keagamaan Kab. Paser;

Yth.         Dewan Hakim MTQ;

Yth...       Para Camat Se-Kabupaten Paser dan para Pimpinan Kafilah;

Yth.         Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda;

Para Kafilah dari sepuluh kecamatan, serta hadirin dan undangan yang berbahagia.

Puji syukur kita persembahkan kepada yang telah menciptakan bumi beserta isinya, Allah azza wa jalla, segala puja dan puji hanya milik-Nya semata. Tiada daya dan upaya kita tanpa keridha-Nya. Tiada pernah bibir dan hati kita berhenti mengucapkan syukur atas segala nikmat yang telah dilimpahkan-Nya, tiada nama selain nama-Nya yang selalu disebut disetiap helaan nafas kita. Allahu Allah.

Tak lupa salawat dan salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, beserta keluarga, para sahabat serta pengikutnya sampai akhir zaman, semoga kita semua mendapatkan syafaatnya di hari kemudian. Amiien, amiien, yarabbal Allamiien.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Saya atas nama pemerintah daerah, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran pemerintah Kecamatan Long Kali beserta segenap jajaran pemerintah desa di Kecamatan Long Kali,  Muspika Kecamatan Long Kali, seluruh masyarakat Long Kali, seluruh lembaga-lembaga dan ormas-ormas di Kecamatan Long Kali, yang telah berpartisipasi hingga terselenggaranya MTQ ke-38 Tingkat Kabupaten Paser Tahun 2013 ini. Semoga Allah SWT membalaskan amalan sholehah Bapak/Ibu dan saudara-saudara sekalian.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Jika Alquran telah dijadikan bacaan utama, dicintai dan diamalkan, siapa yang bisa menghalangi keberkahan-Nya? Alquran bukanlah sebagai sebuah buku pelipur lara, bukan sebagai buku sastra, atau kesenian, atau sejarah. Melainkan diturunkan sebagi petunjuk hidup bagi manusia, yang terpelihara oleh Allah SWT.

Al-Quran adalah kalam Allah SWT yang merupakan mujizat yang diturunkan (diwahyukan) kepada Nabi Muhammad SAW mengandung hal-hal yang berhubungan dengan keimanan, ilmu pengetahuan, kisah-kisah, filsafah, peraturan-peraturan yang mengatur tingkah laku dan tata cara hidup manusia, baik sebagai makhluk individu ataupun sebagai makhluk sosial, sehingga mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat. Hal ini menunjukkan betapa mulia dan agungnya nilai-nilai keimanan yang terkandung didalam Alquran.

Hadirin yang berbahagia,

  Kita patut bersyukur karena terlahir di sebuah negara, khususnya sebuah daerah yang mayoritas penduduknya muslim. Kebebasan kita dalam beribadah sangat terbuka lebar. Bahkan sekarang banyak yayasan atau lembaga keagamaan yang melahirkan generasi Quran, para penghapal Alquran dan pengamal Alquran.

Kabupaten Paser dengan visinya ”Menuju masyarakat yang agamais, sejahtera dan berbudaya” telah berkomitmen, bahwa pembangunan yang dilaksanakan tidak hanya secara fisik namun juga membangun mental dan rohani masyarakat Kabupaten Paser. Perhatian pemerintah direalisasikan dalam berbagai bentuk kegiatan salah satunya kegiatan yang bersifat keagamaan, seperti Dai Pembangunan yang telah memasuki angkatan ke-11 pada tahun 2013 ini disiapkan dana hampir dua miliar rupiah dengan target ”1 Dai Pembangunan, 1 Desa”.

Bantuan keagamaan pada tahun 2013  seperti:

1.          Bantuan khusus untuk rumah ibadah  sebesar 5 miliar rupiah.

2.          Kegiatan pendukung kelancaran haji sebesar 677 juta rupiah.

3.          Pembinaan pesantren  sebesar 2 miliar rupiah.

4.          Safari ramadhan sebesar 67 juta rupiah;

5.          Hewan qurban dengan nilai bantuan 102 juta rupiah.

6.          Untuk 12 kegiatan keagamaan sebesar 13 miliar rupiah.

7.           Untuk MTQ ke-38 ini dialokasikan dana sejumlah 2,4 miliar rupiah yang merupakan dana berbasis kinerja.

Dan pada tahun 2013 ini, untuk Masjid Al Ijtihad Kecamatan Long Kali, direncanakan diberikan dana sebesar satu miliar rupiah untuk pembangunannya. Semoga dana hibah ini dapat dipergunakan sebagaimana mestinya, sehingga memiliki nilai manfaat bagi warga Kecamatan Long Kali.

Bapak/Ibu, hadirin sekalian yang berbahagia,

Seperti yang kita ketahui bersama, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan berjenjang setiap tahunnya, dari tingkat daerah hingga tingkat nasional.

Kabupaten Paser pada MTQ di tingkat provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2012 di Kota Tarakan, juara tertinggi yang diraih   adalah juara 1 Tahfidz atas nama Abdussamad, dan ia mewakili Kalimatan Timur pada MTQ Tingkat Nasional Tahun 2012 di Ambon. Prestasi ini patut menjadi kebanggaan kita bersama.

Hadirin yang saya hormati,

Saya berharap pelaksanaan kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten tahun ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, tanpa kendala yang berarti.

 Selain itu, MTQ dapat dijadikan momentum evaluasi sejauhmana kualitas kedekatan antara perilaku manusia dengan nilai-nilai moral yang menjadi pesan utama Al-Quran, sehingga seluruh aktivitas kehidupan yang kita jalani senantiasa berlandaskan pada nilai-nilai luhur Alquran dalam naungan keberkahan dan keridhoan Allah SWT.

Kepada kafilah yang berasal dari seluruh kecamatan yang berada di Kabupaten Paser, saya mengharapkan agar adik-adik dan saudara-saudara sekalian dapat mengikuti kegiatan perlombaan MTQ ini dengan sebaik-baiknya, tunjukan dalam perlombaan ini bahwa saudara-saudara adalah utusan terbaik dari setiap kecamatan yang mempunyai kemampuan, pengetahuan dan pemahaman terhadap Al-Quran, sehingga pada akhir pelaksanaannya nantinya kita akan mendapatkan qori dan qoriah, hafidz dan hafidzah terbaik dari Kabupaten Paser, yang akan mewakili pada event MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Hadirin yang berbahagia,

Mengakhiri sambutan ini, saya sampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh pelatih yang selama ini meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk melatih qori dan qoriah, serta meningkatkan syiar Islam di Bumi Daya Taka yang kita cintai ini.

Dan kepada seluruh warga Kecamatan Long Kali

Akhirnya dengan ucapan Bismillahirahmanirrahiim, Musabaqah Tilawatil Qur’an ke-38 Tingkat Kabupaten Paser Tahun 2013 di Kecamatan Long Kali, saya nyatakan dibuka secara resmi.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan ini, semoga Allah SWT, senantiasa melindungi dan membimbing kita semua. Amin.

Sekian terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah

Wassalamualaikum Wr.Wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PELANTIKAN ANGGOTA PANITIA

PEMILIHAN KECAMATAN KABUPATEN PASER

 

Tana Paser, 20 Maret 2013

 

 

Yth.         Ketua DPRD Kabupaten Paser;

Yth.         Unsur Muspida Kabupaten Paser dan Ketua Pengadilan Negeri Tanah Grogot;

Yth.         Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth.         Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Paser;

Undangan dan Hadirin yang Berbahagia,

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, sebagai umat beragama, perkenankan saya mengajak hadirin untuk senantiasa bersyukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat, kesehatan dan karunia-Nya, sehingga kita dapat hadir di ruangan ini dalam sebuah acara penting yaitu  pelantikan Anggota Panitia Pemilihan Umum untuk  Kecamatan se-Kabupaten Paser.

Tak lupa salawat dan salam kita haturkan kepada Baginda Rasulullah SAW, beserta sahabatnya yang menjadi teladan kita hingga saat ini dalam melaksanakan segala amal ibadah.

Hadirin yang berbahagia,

Agenda Pemilihan yang sebentar lagi dilaksanakan adalah Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur, yang akan dilaksanakan pada 10 September 2013. Kegiatan ini merupakan agenda yang sangat penting dalam mewujudkan kelangsungan pembangunan Provinsi Kalimantan Timur 5 Tahun yang akan datang.

Dengan berpegang pada Keputusan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Timur Nomor: 01/Reg-KWK/Kep/KPU-Prov/II/2013 tentang Thapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Timur Nomor: 04/Reg-KWK/Kep/KPU-Prov/II/2013 tentang Tata Kerja KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, Panitia Pemilihan Kecamatan, Panitia Pemungutan Suara dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara dalam Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubenurnur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur Tahun 2013.

Pemilihan umum ini bisa lancar dan demokrasi, apabila penyelenggara pemilihan baik ditingkat KPUD, PPK, PPS dan KPPS dan semua elemen yang terkait bekerja sesuai dengan prosedur, professionaldan netral  serta bertanggung jawab.

Penyelenggaraan ini akan menjadi pengalaman untuk pemilihan berikutnya.  Untuk itu segala sesuatunya harus betul-betul diperhatikan dan di data segala kekurangan dan  barometer bagi penyelenggaran pemilhan berikutnya.

Saya yakin, bapak/ibu yang telah terpilih dan sekarang dilantik sebagai anggota panitia pemilihan umum kecamatan adalah orang-orang yang mempunyai kredibilitas dan integritas yang tak perlu dipertanyakan lagi. Anda sekalian adalah bagaikan  pepatah  “the right man on the right place”. 

Para anggota panitia pemilihan umum haruslah bersikap netral, profesional, taat azas dan aturan sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang. Dengan demikian diharapkan Pemilu dapat berjalan tertib, aman, damai dalam suasana kekeluargaan.

 Untuk mendukung itu semua, sebelumnya akan diberikan pelatihan guna meningkatkan kemampuan dalam menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing.

Anggota Panitia Pemilihan Umum Kecamatan se-Kabupaten Paser yang berbahagia,

Sebelum menutup sambutan ini, saya mengingatkan lagi, agar sumpah jabatan sebagai Anggota Panitia Pemilihan Umum Kecamatan dapat dipegang teguh mengingat posisi strategis yang turut menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemilu. Anggota juga harus menyadari bahwa mungkin ada oknum-oknum yang memanfaatkan situasi pemilu secara tidak bertanggung jawab yang dapat menyebabkan dampak berkepanjangan yang merugikan masyarakat.

Semoga pelaksanaan ini mendapat dukungan dari seluruh elemen masyarakat Paser sehingga  berjalan dengan baik, aman dan terkendali.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan.

Sekian, terima kasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

         BUPATI PASER

 

          ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PENUTUPAN MUSABAQAH TILAWATIL QURAN (MTQ) KE-38
 
KABUPATEN PASER  KECAMATAN LONG KALI, 20 Maret 2013

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.  Wakil Bupati Paser;

Yth.   Ketua DPRD Kab. Paser ;

Yth.   Ketua Pengadilan dan Unsur Muspida Kabupaten Paser;

Yth.   Sekretaris Daerah Kabupaten Paser;

Yth.   Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kab. Paser;

Yth.   Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Paser;

Yth.   Ketua MUI dan organisasi keagamaan Kab. Paser;

Yth.   Dewan Hakim MTQ;

Yth.   Camat Long Kali Beserta Jajarannya;

Yth.   Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda;

Para Kafilah dari sepuluh kecamatan, serta hadirin dan undangan yang berbahagia.

Syukur alhamdulillah kita panjatkan kehadhirat Allah SWT yang telah mencurahkan taufiq, hidayah dan inayah serta nikmat iman, Islam dan kesehatan, sehingga kita dapat hadir dan bersilaturahmi di tempat ini dalam rangka penutupan Musabaqah Tilawatil Qur'an ke-38 Tingkat Kabupaten Paser Kecamatan Long Kali tahun 2013.

Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat dan pengikutnya yang beriman.

Hadirin yang berbahagia,

Atas ridho Allah SWT, penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur'an ke-38 Tingkat Kabupaten Paser tahun 2013 yang dilaksanakan sejak 15 Maret lalu, telah berjalan lancar dan sukses hingga acara penutupan pada malam hari ini.

Kesuksesan penyelenggaraan MTQ sesungguhnya tidak hanya diukur dari prestasi kejuaraan semata. Salah satu indikator keberhasilan penyelenggaraan MTQ pada hakekatnya adalah seberapa besar hikmah dan nilai tambah MTQ ini terhadap peningkatan pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai al Qur'an dalam rangka membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa yang selalu melandasi kehidupan. Berkenaan dengan hal tersebut, pada kesempatan ini, saya ingin menegaskan kembali bahwa Musabaqah Tilawatil Qur'an hendaknya tidak hanya dipahami sebagai ajang kompetisi dalam hal seni baca, tulis dan pemahaman Al Qur'an, namun sesungguhnya merupakan salah satu momentum syiar Islam untuk lebih memasyarakatkan budaya baca, tulis dan pemahaman Al Quran kepada masyarakat, agar nilai-nilai Al Qur'an tersebut dapat teraktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Apabila hal tersebut sungguh-sungguh kita upayakan, insya Allah suasana religius yang sangat terasa pada saat penyelenggaran MTQ ini, tidak berlalu ketika kegiatan ini selesai, namun tetap menjiwai seluruh dinamika kehidupan masyarakat Paser.

Hadirin yang saya hormati

Sebagai sebuah kompetisi, saya berharap MTQ ini dapat menghasilkan para juara yang memiliki kualitas dan prestasi terbaik sehingga dapat menjadi duta-duta Kabupaten Paser yang dapat menunjukkan prestasi terbaik dan mengharumkan nama daerah dalam ajang MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Timur, khususnya MTQ Kaltim ke-35 tahun 2013 yang akan dilaksanakan pada bulan April 2013 di Kabupaten Malinau.

Dengan selesainya pelaksanaan MTQ ini, berarti kita telah berhasil meraih segudang prestasi, manfaat dan keuntungan diantaranya.

Pertama, adalah kita telah tercatat sebagai orang-orang mukmin yang senantiasa telah membesarkan syiar Islam, dan Kedua, adalah kita telah berhasil membangun kesadaran dan menumbuhkan gairah masyarakat Paser untuk terus meningkatkan pengetahuan agama, meningkatkan penghayatan dan pengamalan nilai dan kandungan Alquran. Terima kasih banyak kepada seluruh peserta Mushabaqah kepada Para Qari’ dan Qariah, Hafidz dan Hafidzah, Muratthil dan Muratthilah, serta semua peserta yang telah menunjukkan seluruh kemampuannya dalam meraih kemenangan yang dapat memberikan nama baik bagi kecamatan yang diwakilinya. Ketiga, di sisi lain, sebagai wahana silaturahmi, kegiatan MTQ ini, diharapkan dapat semakin memantapkan jalinan persaudaraan antar sesama muslim sebagai pondasi guna terciptanya persaudaraan antar sesama suku bangsa dan persaudaraan atas dasar kesamaan tanah air dalam rangka mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa yang menjadi faktor penting guna menata kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara ke arah yang lebih baik.

Dalam konteks pembangunan, nilai persaudaraan tersebut harus sungguh-sungguh tercermin dalam suatu komitmen dan tekad untuk senantiasa meningkatkan jalinan kemitraan, kerjasama dan sinergi, di antara Pemerintah Daerah beserta seluruh elemen masyarakat lainnya, sehingga proses pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Paser dapat berjalan lancar, harmonis dan sukses membawa perubahan ke arah yang lebih baik, secara material maupun spiritual.

Hadirin yang berbahagia,

Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya ingin menyampaikan ucapan selamat kepada para juara. Saya berharap prestasi yang diraih dapat ditingkatkan lagi, terutama dalam rangka mempersiapkan diri agar dapat meraih prestasi terbaik dalam ajang MTQ provinsi.

Kepada peserta dan kafilah yang belum meraih predikat juara, saya berharap tidak berkecil hati. Jadikanlah MTQ tingkat Kabupaten Paser ini sebagai wahana untuk mengukur seberapa besar keberhasilan pembinaan yang telah dilakukan selama ini, serta diharapkan dapat memacu peningkatan kualitas diri, sehingga dapat meraih prestasi terbaik di masa yang akan datang.

Selanjutnya, saya ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Kecamatan dan seluruh masyarakat Long Kali yang telah berkenan menjadi tuan rumah dan berupaya secara optimal untuk menyemarakkan dan mengupayakan suksesnya penyelenggaraan MTQ ke-38 tingkat Kabupaten Paser. Terima kasih juga saya sampaikan kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan moril dan materil serta mendayagunakan segenap potensi yang dimiliki guna kesuksesan penyelenggaraan MTQ ini.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan akhimya, dengan mengucapkan Alhmadulillahirrabill 'alamin, Musabaqoh Tilawatil Qur'an ke-38 tingkat Kabupaten Paser tahun 2013, secara resmi saya nyatakan ditutup. Semoga seluruh upaya mulia yang kita lakukan mendapatkan ridho dan lindungan dad Allah SWT. Amin.

Sekian terima kasih,

Wabillahi taufik walhidayah,

Assalamualaikum wr.wb.

 

 

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PESTA RAKYAT
 DAN UNDIAN SIMPEDES BANK RAKYAT INDONESIA

 

TANA PASER, 23 Maret 2013

 

Assalamualaikum Wr.Wb.”

Yth.      Ketua DPRD Kab. Paser;

Yth.      Unsur Muspida dan Ketua Pengadilan Tana Paser;

Yth.      Pimpinan SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth.      Camat Tanah Grogot;

Yth.      Pimpinan Cabang PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Tana Paser;

Yth.      Para Pimpinan BUMN / BUMD;

Para nasabah dan undangan serta hadirin yang berbahagia.

Alhamdulillahi rabbil alamin, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, atas nikmat, taufik dan hidayah-Nya, sehingga pada malam hari ini kita semua masih diberi kesehatan untuk dapat menghadiri salah satu acara yang merupakan agenda rutin Bank Rakyat Indonesia yakni Pesta Rakyat dan sekaligus Penarikan Undian Simpedes Periode Juli hingga Desember 2012.

Para Nasabah dan hadirin yang Saya hormati,

Hari ini adalah hari yang sangat membahagiakan sekaligus hari yang ditunggu-tunggu oleh para nasabah BRI Cabang Tana Paser, dimana pada malam ini setiap nasabah SIMPEDES BRI akan mendapat kesempatan untuk mengikuti undian SIMPEDES dan tentunya berpeluang memperoleh beragam hadiah yang sangat diidam-idamkan selama ini.

Namun ada hal yang lebih penting yang ingin saya sampaikan pada kesempatan ini kepada seluruh warga masyarakat adalah bahwa dengan semakin banyak kita menabung, akan semakin banyak manfaat yang akan kita peroleh. Baik untuk kepentingan masa depan maupun kepentingan saat ini, dan salah satunya yaitu mendapat kesempatan dalam undian Simpedes BRI yang dilaksanakan secara rutin.

Untuk itu saya berharap agar seluruh masyarakat dapat meningkatkan minat menabung guna membantu dan memenuhi kebutuhan hidup dimasa mendatang maupun kebutuhan untuk berwirausaha, karena BRI juga merupakan salah satu Bank atau BUMN yang berkomitmen untuk memajukan dan mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah.

Dengan kebiasaan menabung secara tidak langsung Bapak, Ibu dan Saudara-saudara sekalian telah berpartisipasi dalam pembangunan, karena menabung juga memberi kontribusi positif terhadap kegiatan pembangunan di segala bidang.

Para Nasabah dan Hadirin yang Saya hormati,

Pada kesempatan yang baik ini, Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada BRI Kantor Cabang Tana Paser, yang telah melaksanakan kepercayaan masyarakat Kabupaten Paser dengan baik, melalui peningkatan pelayanan-pelayanan kepada nasabah termasuk juga dengan menggelar Undian Simpedes berhadiah langsung yang diberikan kepada seluruh nasabahnya.

Dan ke depan Saya berharap agar kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Paser dan masyarakat dapat terus berkelanjutan guna meningkatkan kemajuan daerah Kabupaten Paser dan taraf kehidupan masyarakat khususnya warga pedesaan.

Saya berharap BRI juga dapat lebih menyerderhanakan birokrasinya supaya ada solusi agar bagaimana perbankan dapat melakukan pembinaan kepada masyarakat yang ingin memanfaatkan jasa perbankan dalam kewirausahaan, agar masyarakat nantinya dapat lebih bijaksana dalam menggunakan bantuan-bantuan dari BRI.

Para Nasabah dan Hadirin yang Berbahagia,

Sebelum mengakhiri sambutan ini, mari kita mendoakan agar BRI kedepan dapat terus maju dan berkembang dengan membuka unit-unit layanan di beberapa wilayah kecamatan dimana warga masyarakatnya sangat mendambakan pelayanan perbankan terutama untuk mengakses dan memanfaatkan jasa BRI.

Kiranya demikian beberapa hal yang dapat Saya sampaikan, Kepada seluruh nasabah Saya ucapkan selamat mengikuti Undian Simpedes, semoga Allah SWT selalu melimpahkan rezki dan memberkahi kita semua. Amin

Sekian terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah,

Sumassalamualaikum Wr.Wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PEMBUKAAN KEJUARAAN SEPAKBOLA USIA DINI PIALA BUPATI PASER SE-KABUPATEN PASER TAHUN 2013

Tana Paser, 24 Maret 2013

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam olahraga,

Yth.      Unsur Muspida Kabupaten Paser;

Yth.      Sekda Kabupaten Paser;

Yth.      Kepala SKPD Kabupaten Paser;

Yth.      Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Paser;

Yth.      Ketua KONIDA Kabupaten Paser;

Yth.      Para atlit, pelatih dan oficial;

Hadirin dan Undangan yang berbahagia;

 

Kita bersyukur kepada Allah SWT karena kepada kita masih diberikan kesempatan dan kesehatan, serta kekuatan untuk melanjutkan karya kita, tugas dan pengabdian kita kepada daerah, yang semoga dapat berlanjut menjadi pengabdian kepada bangsa dan negara kelak di kemudian hari.

  Tak lupa salawat dan salam kita haturkan kepada Baginda Rasulullah SAW, beserta sahabatnya yang menjadi teladan kita hingga saat ini dalam melaksanakan segala amal ibadah.

Anak-anakku yang saya sayangi,

Kita memang tidak bisa mengubah masa lalu sepakbola Indonesia, tapi kita bisa mengubah masa depan dan masa depan sepakbola Indonesia pada anak-anakku sekalian. Semoga ini dapat menjadi motivasi yang optimis agar sepakbola Indonesia lebih maju lagi.

Berbagai ajang kejuaraan selalu dilaksanakan seperti O2SN dan Porseni. Namun tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan hari ini adalah untuk mencari bibit unggul atlet khususnya dicabang olahraga sepakbola usia dini U-11, U-13 dan U-15 yang akan dibina dan dikembangkan agar dapat mendukung Tim Paser Junior U-15, U-18 dan U-20.

Selain itu, kejuaraan olahraga ini dimaksudkan untuk memupuk rasa persaudaraan dan kekompakan sebuah tim.

Hadirin yang berbahagia,

Dalam kesempatan ini saya berharap pantia pelaksana dan instansi terkait yang membidangi dapat membuat sebuah data base untuk menjaring pemain-pemain masa depan. Karena membentuk seorang pemain tidaklah instan, pembinaan usia muda yang serius dan berjenjang menjadi sebuah proses yang mutlak harus dilakukan. Pemain hebat manapun di dunia pasti memiliki rekam jejaknya dari level muda.

Namun saya tekankan, jangan sampai kejuaraan seperti ini hanya sekedar kejuaraan akan tetapi setelah ini para atlet akan diapakan dan dikemanakan, itulah yang terpenting.

Anak-anakku yang saya sayangi,

Ini adalah saatnya kalian menumbuhkembangkan mental agar menjadi tangguh dan sebagai pengalaman menghadapi pertandingan demi pertandingan berikutnya. Jangan lupa, tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas olahraga, sehingga mencapai puncak prestasi yang membanggakan dan mengharumkan nama daerah.

Kepada panitia pelaksana, saya atas nama pemerintah Kabupaten Paser menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas pelaksanaaan kegiatan ini. Semoga segala sesuatunya berjalan dengan baik dan lancar sesuai tanpa kesulitan atau halangan yang berarti.

Demikian juga kepada ofisial dan pelatih yang tidak mengenal lelah mendidik dan melatih para atlit kita.

Semoga Allah SWT membalas jasa-jasa Bapak dan Ibu, serta Saudara-Saudara Sekalian. Akhirnya, dengan mengucapkan ”Bismillahirrahmanir rahim”, hari ini minggu, 24 Maret 2013 Pembukaan Kejuaraan Sepakbola Usia Dini Se-Kabupaten Paser Tahun 2013, saya nyatakan secara resmi dibuka. Selamat bertanding.

Sekian terima kasih,

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PENANDATANGAN NOTA KESEPAHAMAN ANTARA PEMERINTAH KABUPATEN KOTA BARU PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DENGAN PEMERINTAH KABUPATEN PASER  PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

 

Tana Paser, 25 Maret 2013

 

Assalamualaikum Wr.Wb.

Yth. Bupati Kota Baru dan seluruh rombongan;

Yth..Unsur Muspida Kabupaten Paser;

Yth. Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth. Direktur RSUD Panglima Sebaya;

Serta hadirin yang berbahagia,

Puji syukur kita persembahkan kepada yang telah menciptakan bumi beserta isinya, Allah azza wa jalla, segala puja dan puji hanya milik-Nya semata. Tiada daya dan upaya kita tanpa keridha-Nya. Tiada pernah bibir dan hati kita berhenti mengucapkan syukur atas segala nikmat yang telah dilimpahkan-Nya, tiada nama selain nama-Nya yang selalu disebut disetiap helaan nafas kita. Allahu Allah.

Tak lupa salawat dan salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, beserta keluarga, para sahabat serta pengikutnya sampai akhir zaman, semoga kita semua mendapatkan syafaatnya di hari kemudian. Amiien, amiien, yarabbal Allamiien.

Hadirin yang Berbahagia,

Sebelumnya, saya ucapkan selamat datang di Bumi Daya Taka dengan mottonya “Paser Buen Kesong, Paser Berhati Baik”.

Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Paser, menyambut baik atas kerja sama ini. Mari kita bersama-sama berbagi atas dasar niat baik dan usaha kita membangun daerah demi terwujudnya  kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat kita.

Bapak/Ibu Sekalian yang saya hormati,

          Sejatinya, pembangunan harus membawa dampak positif terhadap segala aspek kehidupan masyarakat, khususnya dalam peningkatan kesejahteraan secara menyeluruh. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa upaya untuk mewujudkan kesejahteraan  belum sepenuhnya tercapai.  Apalagi tak  ada rasa puas untuk terus menggenjot pembangunan di Bumi Daya Taka.

          Terkadang, apa yang sudah direncanakan dan dijalankan menuai kontroversi di masyarakat. Namun yakinlah, apa yang sedang dibangun hari ini sesungguhnya sebuah solusi di masa yang akan datang. Kami membangun dengan semangat filosofi bagaimana semestinya bukan bagaimana seadanya”.

          Sebut saja RSUD Panglima Sebaya, pembangunan rumah sakit dengan kualifikasi C Plus ini, sempat tidak didukung oleh beberapa pihak termasuk dana provinsi yang kurang proporsional jika dibandingkan dengan pendapatan kabupaten Paser yang diserahkan ke provinsi Kalimantan Timur. Namun ini bukanlah sebuah halangan, justru menjadi sebuah motivasi kemandirian Kabupaten Paser. RSUD Panglima Sebaya tidak hanya melayani warga Paser tetapi juga masyarakat di Kalimantan Timur bahkan saudara kita di Kalimantan Selatan khususnya Kabupaten Kotabaru, kabupaten yang jumlah penduduk dan  potensi sumber daya alam yang hampir sama dengan Kabupaten Paser.

          Ternyata niat baik ini berbuah baik. Dengan adanya kerjasama di bidang kesehatan dan pembangunan ini, semakin membuat Pemerintah Kabupaten Paser termotivasi untuk mewujudkan pelayanan prima dan semoga bisa meningkat derajat kesehatan masyarakat.

          Jika  kerjasama ini terwujud dan berjalan dengan baik, semoga akan berdampak positif pada infrastruktur jalan lintas provinsi poros selatan, Kalimantan Timur – Kalimantan Selatan.

Hadirin yang berbahagia,

          Besar harapan kita, kerja sama profesional ini akan berdampak positif bagi kedua belah pihak, bisa saling mengisi, saling mengembangkan potensi daerah sesuai kemampuan dan fungsi kita masing-masing dalam membangun daerah yang kita cintai.

          Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan. Semoga Allah SWT meridhoi segala upaya kita dalam membangun daerah.

Sekian dan terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah,

Wassalamualaikum Wr.Wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA SOSIALISASI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN PEMILUKADA GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR DI KECAMATAN, KABUPATEN PASER

TANA PASER, 26 Maret 2013

 

Assalamualaikum Wr.Wb.”

Yth.      Ketua DPRD Kab. Paser;

Yth.      Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Paser;

Yth.      Unsur Muspika Kecamatan Batu Sopang;

Yth.      Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda di Kecamatan Batu Sopang;

Yth.      Para Narasumber dan peserta Sosialisasi;

Serta hadirin dan undangan yang berbahagia.

Sebelumnya  marilah  bersama-sama   kita   panjatkan   puji   syukur kehadirat   Allah SWT,   yang   telah melimpahkan   rahmat   dan  hidayah-Nya serta memberikan kesehatan kepada kita semua sehingga dapat menghadiri kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan tentang Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur bagi masyarakat di seluruh Kecamatan Kabupaten Paser.

Shalawat dan salam juga senantiasa kita curahkan kepada junjungan kita Baginda Rasulullah, Nabi Besar Muhammad SAW, bersama keluarga dan sahabat-sahabatnya.

Hadirin sekalian yang Saya Muliakan,

Kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) sangat penting untuk dilaksanakan, agar semua komponen masyarakat bisa mengetahui dan memahami semua peraturan dan perundang-undangan yang berlaku dalam setiap penyelenggaraan Pemilukada, mengingat materinya yang selalu berubah atau bersifat fleksibel karena harus menyesuaikan dengan perkembangan kondisi serta kemajuan demokratisasi di Indonesia.

Selain untuk menyampaikan berbagai peraturan dan undang-undang yang berkaitan dengan Pemilukada, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan juga bertujuan agar semua masyarakat peserta Pemilukada se-Kabupaten Paser dapat memahami akan pentingnya peran serta masing-masing dalam mensukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimatan Timur.

Dan melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang Pemilihan Umum baik Pemilihan Legeslatif maupun Pemilihan Presiden yang tidak lama lagi juga akan berlangsung pada tahun 2014 dan 2015 yang akan datang. Oleh karena itu saya sangat mengharapkan para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh organisasi khususnya di Kabupaten Paser agar bisa menjadi jembatan penghubung antara Pemerintah dengan masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya.

Pemilihan Umum dalam rangka memilih Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang akan kita laksanakan tahun 2013 ini, jangan sampai menjadikan kita sebagai anak bangsa yang terpecah-belah, namun harus dapat berdemokrasi untuk menciptakan perekrutan pemimpin lokal dengan standar yang jelas dan transparan, sehingga mampu menumbuhkan sikap kepercayaan masyarakat terutama dalam pelaksanaan Pemerintahan yang bersih, bebas korupsi serta pro rakyat.

Hadirin sekalian yang Saya banggakan,

Mengingat pentingnya acara sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Pemilukada ini, maka saya menghimbau seluruh peserta sosialisasi untuk menyimak baik-baik seluruh materi yang diberikan. Selain itu, dalam setiap pelaksanaan Pemilu, selalu terdapat perubahan-perubahan dalam tata cara memilih, yang mana informasi tentang mekanisme dan teknis baru dalam melakukan pemilihan harus bisa diketahui oleh masyarakat, baik Kecamatan Batu Sopang maupun kecamatan lain di seluruh Kabupaten Paser.

Saya mengajak seluruh komponen masyarakat yang terlibat dalam Pemilukada untuk sama-sama berusaha meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya Pemilukada. Semoga kita bisa meningkatkan partisipasi politik masyarakat dalam Pemilu, sekaligus mengeliminir angka golput yang trendnya cenderung meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Mari kita sampaikan lagi kepada masyarakat bahwa melakukan pemilihan adalah hak setiap warga masyarakat dan oleh karena itu setiap Warga Negara Indonesia wajib menyalurkan haknya tersebut dengan benar dalam berpartisipasi menyampaikan aspirasinya melalui pesta demokrasi.

Hadirin yang saya hormati,

Demikian beberapa hal yang dapat Saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga Allah SWT, selalu menuntun dan membimbing setiap langkah kita dalam mencerdaskan masyarakat di Bumi Daya Taka. Amin ya rabbal alamin. Dan dengan ucapan “Bismillahirrahmanirrahim,” Kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan tentang Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalmantan Timur, hari ini Selasa, tanggal 26 Maret 2013, secara resmi Saya nyatakan dibuka.

Sekian terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah,

Sumassalamualaikum Wr.Wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PELANTIKAN KEPALA DESA JONE,

  KEPALA DESA SULILIRAN BARU, KEPALA DESA KUARO

KECAMATAN TANAH GROGOT

 

TANA PASER, 26 Maret 2013

 

Assalamu alaikum wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,

Yth.      Saudara Ketua, dan Para Anggota DPRD Kab. Paser;

Yth.      Unsur Muspida Kabupaten Paser, dan Ketua Pengadilan Negeri Tanah Grogot;

Yth.      Para Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth.      Camat dan Unsur Muspika TANAH GROGOT;

Yth.      Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda;

Serta Hadirin yang saya muliakan.

Pertama-tama marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kita ke hadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya serta berkat bimbingan dan lindungan-Nya pada kita semua sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di Kantor Desa Jone Kecamatan Tanah Grogot, pada acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Kepala Desa Jone Kecamatan Tanah Grogot, Kepala Desa Suliliran Baru Kecamatan Pasir Belengkong, Kepala Desa Rangan Kecamatan Kuaro dan Anggota BPD Pengganti Antar Waktu dalam keadaan sehat wal’afiat.

Hadirin dan Undangan yang berbahagia,

Saya ingin mengungkapkan rasa kegembiraan, kebahagiaan dan kebanggaan saya karena dapat bertemu lagi dan bertatap muka langsung dengan seluruh komponen masyarakat yang hadir pada hari ini.

Beberapa saat tadi, kita bersama-sama telah mengikuti proses Pengambilan sumpah dan Pelantikan Kepala Desa merupakan hasil Pemilihan langsung dan Anggota BPD hasil Musyawarah Desa.

Pada kesempatan ini, saya ingin berpesan atau mengingatkan kepada Kepala Desa yang baru dilantik untuk benar-benar menghayati “sumpah“ yang telah diucapkan.

Sebagai orang yang beriman, sumpah yang diawali dengan kata-kata “Demi Allah“ dan diakhiri dengan kata-kata “Kepada Tuhan itulah akhirnya pertanggung jawaban akan saudara berikan“.

Kata-kata ini memiliki makna yang mendalam dan pertanggung jawaban yang cukup besar. Pengucapan menunjukkan pengakuan dan perwujudan ketaqwaan kepada Allah, SWT, artinya saudara telah mengikat janji kepada Allah SWT dalam menjalankan tugas sebagai Kepala Desa.

Sudah sepantasnya sebagai seorang Kepala Desa tidak menyia-nyiakan tugas dan wewenangnya, untuk nantinya dapat dipertanggung jawabkan dengan baik kepada masyarakat, Pemerintah, dan terlebih lagi kepada Allah SWT. Sikapilah bahwa jabatan Saudara merupakan amanah dari Allah SWT, masyarakat dan Pemerintah.

Hal lain yang juga cukup penting untuk selalu diingat adalah bahwa dengan jabatan yang saudara miliki bukan berarti saudara akan memperoleh kemudahan dan keuntungan dari jabatan saudara, justru saudara harus mampu menjadi pelayan yang baik bagi kepentingan masyarakat desa secara keseluruhan. Keberhasilan dan kegagalan penyelenggaraan pemerintahan desa, pertama-tama akan dinilai dari kegiatan pemberian pelayanan kepada masyarakat, dan jadikanlah pelayanan terhadap masyarakat desa itu sebagai kewajiban saudara, bukan sebaliknya pelayanan dijadikan sebagai sumber pendapatan.

Hadirin dan Undangan yang berbahagia,

Untuk meningkatkan kafasitas penyelenggaraan pemilihan desa dan pembangunan di desa, Pemerintah Kabupaten Paser kembali menaikkan Alokasi Dana Desa (ADD). Pesan saya, pergunakanlah dana ADD tersebut sebaik-baiknya untuk pembangunan di desa.

Salah satu tujuan peningkatan ADD ini adalah untuk memberikan kewenangan yang lebih luas kepada kepala Desa untuk membangun desanya. Dengan dana yang lebih besar saya berharap lebih banyak yang bisa diperbuat oleh kepala desa.

Ada beberapa pembangunan fisik yang bisa dialokasikan melalui ADD, seperti pembangunan kantor desa, gedung serbaguna, posyandu, gedung TK, gedung TPA, perumahan perawat, perumahan bidan, dan perumahan guru. Untuk hal-hal seperti ini, silakan gunakan dana ADD sebaik-baiknya, tentu melalui musyawarah dengan anggota BPD dan semua perangkat desa serta tokoh-tokoh setempat.

Apabila peruntukan dana ADD sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku, maka diharapkan persoalan-persoalan pembangunan di desa bisa diselesaikan di desa.

Dengan adanya pelimpahan wewenang yang lebih besar kepada Pemerintah Desa, mestinya para Kepala Desa dan perangkatnya bisa lebih leluasa melaksanakan pembangunan. Dan saya yakin ini akan berjalan dengan lancar, mengingat kepala desa dan warga desa lah yang paling tahu dan paling mengerti kebutuhan-kebutuhan yang ada di desanya. Kepada masyarakat saya mengharapkan peran sertanya untuk sama-sama memberikan pengawasan terhadap kinerja kepala desa, dan terhadap penggunaan dana ADD.

Jangan segan-segan untuk memberikan masukan dan kritik kepada kepala desa yang bertindak di luar aturan perundang-undangan yang berlaku.

Insya Allah dengan sistem kerja semacam ini, kita akan menikmati hasil yang lebih baik di masa datang. Dan membantu Pemerintah Kabupaten Paser dalam mewujudkan Paser Bangkit 2013.

Hadirin yang berbahagia,

Sekali lagi saya ingatkan dan tegaskan kepda para kades agar saudara kiranya dapat meningkatkan peran sertanya dalam mendukung program-program Pemerintah dalam rangka mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat Tana Paser yang kita cintai ini.

Hadirin dan undangan yang berbahagia,

Sebelum saya mengakhiri sambutan ini, saya juga ingin mengucapkan selamat kepada Kepala Desa yang baru saja dilantik serta kepada mantan pjs Kepala Desa, terima kasih atas jasa dan darma bhaktinya kepada Bangsa, Negara, Daerah dan Desa selama menjabat Kepala Desa. Semoga pengabdian saudara diberi balasan oleh Allah, SWT dengan balasan kebaikan yang berlipat ganda.

Pada kesempatan ini juga, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tinggi kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik sampai dengan terlaksananya Pengambilan Sumpah Kepala Desa pada hari ini.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga Allah SWT senantiasa memberi petunjuk dan bimbingan kepada kita semua. Amin.

 

Sekian, terima kasih.

Wabillahi taufik wal hidayah,

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN PENGURUS KABUPATEN
BADAN PEMBINAAN OLAHRAGA(BAPOR) KORPRI
KABUPATEN PASER PERIODE 2012-2017  
 
Tana Paser, 26 Maret 2013

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth. Ketua DPRD Kab. Paser ;

Yth. Ketua Pengadilan dan Unsur Muspida Kabupaten Paser;

Yth. Sekretaris Daerah Kabupaten Paser;

Yth. Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kab. Paser;

Yth. Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Paser;

Yth. Ketua KORPRI Kabupaten Paser beserta segenap Jajaran Pengurus KORPRI

       Kab. Paser

Yth. Ketua Pengurus Kabupaten BAPOR KORPRI Kab Paser beserta jajarannya.

Yth. Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda;

Hadirin dan undangan yang berbahagia.

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya, pada kesempatan yang berbahagia ini kita dapat bersama-sama hadir ditempat ini dalam rangka pelantikan dan pengukuhan pengurus Kabupaten Badan Pembinaan Keolahragan (BAPOR) KORPRI Kabupaten Paser Periode 2012-2017. Dengan dilantiknya dan dikukuhkannya kepengurusan baru pengkab BAPOR KORPRI Kabupaten Paser ini, semoga dapat semakin meningkatkan kualitas pembinaan keolahragaan bagi segenap jajaran KORPRI di daerah ini.

Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat dan pengikutnya yang beriman.

Hadirin yang berbahagia,

          Dalam upaya pembinaan keolahragaan khususnya bagi kalangan Anggota KORPRI, keberadaan BAPOR KORPRI memegang peranan yang sangat krusial dan menentukan sekali terhadap maju atau mundurnya prestasi olahraga. Karena kepenggurusan organisasi keolahragaan yang baik tentunya akan sangat berpengaruh dalam meningkatan pembinaan keolahragaan itu sendiri. Oleh karena itu harapan saya kepada segenap pengurus Pengkab BAPOR KORPRI Kabupaten Paser yang baru saja dilantik, untuk dapat menata dan mengelola organisasi ini kearah yang lebih baik lagi dimasa-masa yang akan datang. Meningkatkan perbaikan pembinaan olahraga dalam segala bidang, termasuk perbaikan manajerial organisasi. Sebab jujur saya katakan bahwa selama ini saya belum melihat prestasi yang dapat dibanggakan dari segenap jajaran KORPRI di Kabupaten Paser ini. Ini merupakan tugas dan tantangan berat yang musti disandang tidak saja oleh jajaran kepengurus Pengkab BAPOR KORPRI Kabupaten Paser, akan tetapi merupakan tanggung jawab semua pihak, baik jajaran pemerintah daerah, KORPRI Kabupaten Paser, dan masyarakat luas termasuk kalangan dunia usaha.

Hadirin yang saya hormati

          Pada kesempatan yang baik ini, saya senantiasa berharap BAPOR KORPRI Kabupaten Paser pada khususnya dan KORPRI Kabupaten Paser pada umumnya, dapat terus tumbuh dan berkembang sebagai sebuah organisasi yang makin solid dan makin profesional. Kita juga berharap para anggotanya dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara dengan lebih baik lagi. Saya mengajak seluruh jajaran KORPRI untuk melanjutkan kerja keras, meningkatkan pengabdian dan produktifitas dalam mewujudkan profesionalitas. Jajaran birokrasi yang netral dan sanggup menghadirkan kualitas pelayanan public yang terbaik bagi seluruh masyarakat. jajaran birokrasi yang dapat kita banggakan sebagai salah satu keunggulan kita di era kompetisi global. Sebagai organisasi yang mewadahi para Pegawai Negeri Sipil, KORPRI telah melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan melayani keperluan masyarakat dalam berbagai bidang. Pelaksanaan tugas pemerintahan dan pelayanan masyarakat yang diemban oleh seluruh Anggota KORPRI telah memberikan kontribusi kontruktif dalam proses pembangunan selama ini. KORPRI saat ini telah tampil sebagai organisasi yang profesional dan makin mandiri. Organisasi yang berkedudukan dan kegiatannya tidak lepas dari kedinasan KORPRI telah mampu mendorong para anggotanya untuk mengemban tugas peran penting dan strategis sebagai abdi negara, abdi masyarakat, dan abdi pemerintah. Lebih dari satu dasa warsa, sejak gerakan reformasi gelombang pertama, KORPRI telah ikut mengembalikan peran utama birokrasi sebagai komponen utama dalam pengelolaan pemerintahan. Sebagai bagian dari komponen utama dalam pengelolaan pemerintah, KORPRI telah mampu meningkatkan kapasitas profesionalitasnya, seiring dengan sikap netralitasnya sebagai abdi bangsa dan abdi masyarakat. hal ini sejalan dengan amanat Panca Prasetya KORPRI.

Hadirin yang berbahagia,

          Saat ini dan kedepan, para anggota KORPRI memiliki tugas sejarah dalam menyukseskan Reformasi Gelombang Kedua. Melalui Reformasi Gelombang Kedua, kita bertekad untuk memajukan kualitas penerapan demokrasi, meningkatkan upaya penegakkan hukum, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kedepan, kita ingin menuntaskan agenda reformasi birokrasi, guna membangun jajaran birokrasi yang makin berkualitas, loyal, berdedikasi tinggi dan berdaya saing. Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan beberapa pesan dan harapan kapada para Anggta KORPRI Kabupaten Paser:

Pertama, tuntaskan pelaksaana reformasi birokrasi di lingkungan tempat saudara bertugas. Lanjutkan penerapan tata kelola pemerintahan yang baik di semua lini. Bangun tata kelola dan tata laksana birokrasi yang makin produktif, professional dan akuntabel. Berikan pelayanan birokarsi yang makin cepat, akurat, dan makin baik.

Kedua, tingkatkan jalinan kerjasama produktif dengan semua pemangku kepentingan pembangunan. Bangun jajaran birokrasi yang siap merespon berbagai tantangan pembangunan secara konstruktif. Ciptakan terobosan dan inovasi dalam memberikan layanan public terkait bagi masyarakat.

Ketiga, lanjutkan kerja keras dan cerdas dalam pengabdian Saudara. Pedomani sumpah jabatan dan Panca Prasetya KORPRI. Buktikan kepada masyarakat bahwa kinerja Pegawai negeri Sipil dapat dirasakan oleh seluruh masayarakat.

Keempat, Pastikan bahwa KORPRI dapat tampil sebagai organisasi profesi yang ikut meningkatkan daya saing bangsa melalui kehadiran pelayanan birokrasi dan pelayanan public yang berkualitas dan dapat dibanggakan.

Kelima, mari kita sempurnakan jajaran birokrasi yang tangguh dan berwibawa. Jangan ragu untuk melakukan perombakan pergantian dan revitalisasi dalam penyelenggaraan birokrasi yang dinilai berpotensi mengurangi produktifitas dan menghambat akselerasi penyelenggaraan pembangunan. Terus kedepankan semangat kebersamaan untuk bangsa dan negara. Lanjutkan pemberantasan tindak pidana korupsi, kolusi dan nepotisme. Dan terus berikan pengabdian dan karya terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

          Sebagai bagian akhir sambutan ini, kepada segenap pengurus Kabupaten Badan Pembinaan Keolahragaan (BAPOR) KORPRI Kabupaten Paser, marilah kita bangun dan kita tingkatkan komitmen bersama untuk mewujudkan Kabupaten Paser sebagai daerah yang maju di bidang olahraga. 

          Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya mengajak kepada semua pihak. Marilah kita terus berupaya untuk memajukan dunia olahraga. Agar nantinya seluruh komponen masyarakat Kabupaten Paser dapat mewujudkan pembangunan olah raga secara sinergis. Yang pada akhirnya bisa menjadi pilar kekuatan olah raga nasional yang semakin berkembang, maju dan berprestasi. Sehingga dapat memberikan makna bagi pembangunan bangsa dan negara. Kepada jajaran kepengurusan baru Pengkab BAPOR KORPRI Kabupaten Paser periode 2012-2017, saya mengucapkan selamat bertugas dan mengabdi demi kemajuan olahraga di daerah kita tercinta ini. Kepada jajaran kepenggurusan sebelumnya, saya mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas segala pengabdian Saudara sekalian selama ini. Semoga pembinaan keolahragaan bagi jajaran KORPRI di Kabupaten Paser dapat semakin maju, berkembang dan berprestasi. Yang dapat mengharumkan dan membanggakan nama daerah dan seluruh masyarakatnya.

          Demikian sambutan yang dapat saya sampaikan kepada kesempatan ini, semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan ridho-Nya kepada kita sekalian. Amin Ya Robbal Alamin.

Sekian terima kasih,

Wabillahi taufik walhidayah,

Assalamualaikum wr.wb.

 

BUPATI PASER

           ttd

 H.M. RIDWAN SUWIDI

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PEKAN PANUTAN PENYAMPAIAN

SPT TAHUNAN ORANG PRIBADI TAHUN 2012

DAN PEMBAYARAN PBB
TAHUN 2013

 

Tana Paser, 28 Maret 2012

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.

Unsur Muspida Kabupaten Paser;

Yth.

Kepala Pengadilan Negeri Tanah

Grogot;

Yth.

Sekretaris Daerah Kabupaten Paser;

Yth.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak

Pratama Penajam;

Yth.

Kepala Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Tanah Grogot;

Yth.

Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth.

Para Wajib Pajak;

Serta hadirin dan undangan sekalian yang berbahagia

Alhamdulillah, mari kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan hidayah-Nya, kita semua dapat berkumpul pagi ini untuk mengikuti Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi Tahun 2012 Dan Pembayaran PBB Tahun 2013.

Kita juga patut untuk bersyukur karena hari ini semua komponen wajib pajak orang pribadi yang terdiri dari pengusaha, Pegawai Negeri Sipil yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), bendaharawan dan perusahaan telah hadir.

Patut kita syukuri, bahwa kesadaran masyarakat Kabupaten Paser untuk membayar pajak selama ini telah berdampak secara tidak langsung bagi pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Paser.

Hadirin yang saya hormati,

Untuk mendapatkan hak dan melaksanakan kewajiban perpajakan, Wajib Pajak (WP) dituntut untuk memahami Undang-Undang Perpajakan dan aturan pelaksanaannya yang berlaku. Ini adalah tindak lanjut dari diundangkannya Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP) yang mulai berlaku       1 Januari 2008 dan Undang-Undang Pajak Penghasilan (PPh) yang mulai berlaku 1 Januari 2009. Demikian pula aturan pelaksanaan yang berupa Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri Keuangan, Peraturan Dirjen Pajak dan Surat Edaran Dirjen Pajak. Wajib Pajak harus selalu mengikuti penerbitan aturan pelaksanaan serta mengupdate pengetahuan tentang Undang-Undang Perpajakan.

Dalam beberapa hal, peraturan perpajakan diterbitkan beberapa saat sebelum hak Wajib Pajak  dapat dimanfaatkan atau kewajiban perpajakan harus dilaksanakan oleh Wajib Pajak. Untuk memahami peraturan perpajakan secara benar diperlukan kompetensi tertentu, seperti keahlian dan pengalaman. Hal ini sebagai konsekwensi antara lain karena semakin bertambahnya peraturan, beda penafsiran atas suatu peraturan atau adanya transaksi usaha yang belum jelas ketentuan perpajakannya. Tidak semua Wajib Pajak dapat memahami peraturan perpajakan, khususnya peraturan perpajakan yang baru diterbitkan.

Khusus bagi PNS yang telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) harus menyampaikan surat pemberitahuan ke kantor pelayanan pajak.

Hadirin yang berbahagia,

Pajak penghasilan yang Saudara-saudara bayarkan selama ini merupakan bentuk partisipasi aktif. Semoga hal tersebut dilandasi dengan rasa yang tulus dan ikhlas sehingga apa yang kita berikan dapat lebih berarti terutama terhadap peningkatan ABPN, dan semoga pemanfaatannya bisa lebih dinikmati sebesar-besarnya oleh masyarakat sebanyak mungkin.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Paser saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi Saudara sebagai wajib pajak yang dengan kesadaran dan kemauan sendiri memenuhi kewajiban sebagai warga masyarakat Indonesia dengan membayar pajak dan melaksanakan kewajiban perpajakan Saudara dengan sebaik-baiknya.

Hadirin yang berbahagia,

Satu hal yang perlu saya tekankan di sini, adalah bahwa Direktorat Jenderal Pajak mengemban tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan berdasarkan Undang-undang, untuk menghimpun penerimaan dalam negeri dari sektor pajak. Penerimaan dalam negeri ini digunakan untuk membiayai anggaran penyelengaraan negara, pelayanan dan pembangunan nasional. Biaya penyelenggaraan negara dan pembangunan nasional memerlukan dana besar agar tercipta kemakmuran rakyat yang adil dan merata.

Namun amanah ini sungguh suatu hal yang berat untuk dijalankan, mengingat kasus pajak menduduki peringkat kedua setelah korupsi. Kasus Gayus adalah yang  paling fenomenal. Kasus ini telah merusak pandangan masyarakat terhadap kewajiban membayar pajak. Ada timbul rasa keengganan dimasyarakat yang pesimis akan pengelolaan pajak di negeri ini. Ini suatu fenomena yang tidak boleh berlangsung lama harus segera dicari solusinya.

Para Wajib Pajak Yang berbahagia,

Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga kita selalu diberikan petunjuk dan bimbingan oleh Allah SWT.  

Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahiim, Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi Tahun 2012 Dan Pembayaran PBB Tahun 2013, secara resmi saya nyatakan dibuka.

Mari kita wujudkan masyarakat yang sadar dan peduli pajak.

Sekian dan terimakasih,

Wabillahi Taufik Walhidayah Wassalamualikum Wr.Wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PERESMIAN TAMAN MINIATUR KABAH

 

Tana Paser, 27 Maret 2013

 

Assalamualaikum Wr.Wb.

Yth.

Unsur Muspida Kabupaten Paser;

Yth.

Kepala Pengadilan Negeri Tanah Grogot, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Paser dan Kepala Pengadilan Agama Tanah Grogot;

Yth.

Sekretaris Daerah Kabupaten Paser;

Yth.

 

Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth.

Ketua MUI Kabupaten Paser, Lembaga Keagamaan, dan Para Tokoh Agama;

Yth.

Ketua Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam dan Kepala Pondok Pesantren Trubus Iman Padang Pengrapat;

Hadirin dan undangan yang berbahagia,

Dalam kesempatan yang baik ini, terlebih dahulu marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena hanya dengan izin-Nya, hari ini kita dapat kembali bertemu untuk melanjutkan tugas dan kewajiban kita.

Shalawat dan salam juga kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW dan keluarga serta para sahabatnya, semoga dengan berkahnya, dilepaskan kita dari segala macam kesulitan, ditunaikan hajat, dilimpahkan rezeki dan disejahterakan Bumi Daya Taka yang kita cintai ini.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Atas nama Pemerintah Kabupaten Paser, saya menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi terhadap Pondok Pesantren Trubus Iman Padang Pengrapat yang telah berinisiatif membuat sebuah Taman Miniatur Kabah.

Pada kesempatan yang berbahagia ini pula izinkan saya mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam dan Pondok Pesantren Trubus Iman Padang Pengrapat telah membantu pemerintah dalam mensiarkan agama Islam di Bumi Daya Taka. Saya turut berbangga hati, di ponpes ini telah menghasilkan para penghapal Alquran (Hafidz), menanamkan dan mengubah  pola hidup dan pola pikir anak-anak menjadi lebih relijius dalam kehidupannya sehari-hari hingga terbawa ke rumah dan lingkungan sosialnya. Semoga para anak-anak santri disini kelak dikemudian hari dapat menjadi pemimpin yang amanah.

Hadirin yang saya hormati,

Miniatur Kabah ini merupakan yang pertama kalinya di Kabupaten Paser. Ada beberapa daerah yang membuat miniatur sedemikian rupa yang membedakan mungkin hanyalah ukurannya namun tentu kesemuanya itu memiliki tujuan yang sama.

Saya berharap semoga miniatur Kabah ini dapat dipergunakan untuk menimbulkan niat dan meningkatkan keinginan kita agar segera mendapat panggilan Allah melihat Kabah yang sesungguhnya.

Saya juga berharap miniatur ini dapat dipergunakan sebagai latihan manasik haji dari murid Taman Kanak-Kanak hingga calon jemaah haji. Ini penting untuk memberikan gambaran suasana di Tanah Suci Makah sehingga latihan manasik haji lebih kental terasa.

Hadirin yang saya hormati,

          Selain itu, mungkin ke depannya dapat dikembangkan lagi sehingga lebih menarik dan mempunyai potensi sebagai “Wisata Religi” untuk meningkatkan wawasan pengetahuan Agama Islam di Kabupaten Paser.  

Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, dan dengan ucapan “Bismillahirahmanir rahim, lahaullawallakuata illabillahil aliyiladziem”, Taman Miniatur Kabah, hari ini, Rabu, 27 Maret 2013 saya resmikan penggunaannya.

Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmah dan hidayah serta berkah-Nya kepada kita semua. Amin.

Sekian. Terima kasih

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PEMBUKAAN ACARA SOSIALISASI SISTEM PENCATATAN DAN PELAPORAN DATA KEKERASAN TERHADAP  PEREMPUAN DAN ANAK

                                                                  

TANA PASER, 27 MARET 2013

 

Bismilahirahmanirrohim

Assalamu’alaikum, wr, wb.

Yth. Kepala SKPD Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth. Para Camat se-Kabupaten Paser;

Yth..Tim Narasumber dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana;

Yth. TP-PKK, P2TP2A “Awa Taka”, Organisasi Wanita, Ormas dan LSM;

serta undangan dan peserta sosialisasi yang berbahagia;

          Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena kita selalu diberikan limpahan nikmat dan kesehatan yang pada kesempatan kali ini, kita dapat bersama-sama untuk mengikuti Kegiatan “Acara Sosialisasi Sistem Pencatatan dan Pelaporan Data Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak”.

Shalawat dan salam senantiasa kita curahkan kepada junjungan kita Baginda Rasulullah, Nabi Besar Muhammad SAW dan keluarga, para sahabatnya serta pengikutnya yang istiqomah menjalankan perintah-Nya dan menjahu larangan-Nya.

Bapak/Ibu sekalian yang saya hormati,

Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) adalah setiap perbuatan terhadap seseorang, terutama perempuan dan anak-anak yang mengakibatkan penderitaan secara fisik, seksual, psikologis dan atau perampasan kemerdekaan atau secara melawan hukum dalam lingkup rumah tangga.

Tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga, atau juga kekerasan terhadap perempuan dan anak dapat terjadi di ranah publik maupun dalam rumah tangga, tindak kekerasan dapat terjadi kapan saja pada situasi damai ataupun konflik.

Kekerasan yang dialami baik perempuan dan anak akhir-akhir ini semakin meningkat. Hal ini bisa terjadi mungkin karena laporan yang semakin tertib atau memang karena jumlah kekerasan yang semakin bertambah serta keberanian untuk melaporkan kejadiaannya.

Bapak ibu dan hadirin yang berbahagia,

Penyelenggaraan Sosialisasi Pencatatan dan Pelaporan Data Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Kabupaten Paser bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pedoman serta acuan kepada aparat dalam melaksanakan sistem pencatatan dan pelaporan data kekerasan terhadap perempuan dan anak. Dengan memiliki pemahaman yang baik, maka akan didapatkan data yang akurat tentang perempuan dan anak sebagai korban dengan berbagai ciri-cirinya, bentuk kekerasan dan tempat kejadian serta jenis pelayanan yang diberikan.

Walaupun upaya hukum untuk penghapusan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan pemenuhan hak-hak anak telah tersedia, namun pelaksanaannya masih banyak kendala dan tantangan.

Pencatatan KDRT sebagian sudah dilakukan oleh unit-unit pelayanan/lembaga dan instasni terkait. Namun masih dengan format yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan masing-masing, disisi lain pencatatan belum dilakukan secara standar yang mengakibatkan data yang dihasilkan sangat beragam sehingga sulit digunakan dalam proses pengambilan keputusan.

Tersedianya data secara tepat dan akurat dari berbagai unit pelayanan atau lembaga serta instansi terkait dapat dimanfaatkan dalam proses penyusunan kebijakan dalam melaksanakan program dan kegiatan pembangunan perlindungan perempuan dan anak di Kabupaten Paser.

Hadirin yang berbahagia,

Saya atas nama pribadi maupun atas nama pemerintah Kabupaten Paser menyambut baik kegiatan sosialisasi ini sebagai salah satu alat pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembangunan perlindungan perempuan dan anak dalam upaya meningkatkan kualitas hidup perempuan dan anak di Kabupaten Paser. Dan kepada aparat agar dapat melaksanakan sistem pencatatan dan mekanisme pelaporan data kekerasan terhadap perempuan dan anak dapat dilaksanakan secara tepat dan akurat.

Demikian yang dapat saya sampaikan dengan ucapan “Bimillahirahmanirrahim”, Acara Sosialisasi Sistem Pencatatan dan Pelaporan Data Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak”, hari ini, Rabu, 27 Maret 2013 secara resmi saya nyatakan dibuka.

Semoga Allah SWT selalu memberi kemudahan–kemudahan dan ridhonya atas segala apa yang kita rencanakan dan lakukan.

Sekian, terima kasih.

Wabilahitaufik walhidayah

wassalamualaikum wr. wb

 

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA SOSIALISASI TRANSFORMASI BADAN PELAKSANA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DARI PT. ASKES (PERSERO) INDONESIA CABANG BALIKPAPAN
Tana Paser, 28 Maret 2013

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.         Ketua Pengadilan dan Unsur Muspida Kabupaten Paser;

Yth.         Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kab. Paser;

Yth.         Kepala PT. Askes Cabang Balikpapan;

Hadirin dan undangan yang berbahagia.

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya, pada kesempatan yang berbahagia ini kita dapat bersama-sama hadir ditempat ini dalam rangka Sosialisasi Transformasi Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) dari PT.Askes (Persero) Indonesia Cabang Balikpapan.

 Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat dan pengikutnya yang istiqomah menja dan menjauhi.larangan-Nya.

Hadirin yang berbahagia,

          Jaminan sosial merupakan salah satu bentuk perlindungan sosial yang wajib dilaksanakan oleh negara, guna memberikan jaminan bagi seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya. Sistem Jaminan Sosial Nasional merupakan program negara yang bertujuan memberikan kepastian terhadap adanya perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh lapisan masyarakat yang menyeluruh dan terpadu

          Sebagai wujud mempercepat terselenggaranya kepastian terhadap jaminan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan dalam rangka lebih mendorong terbangunan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) secara terintegrasi maka amanah UU Nomor 24 tahun 2011 tentang badan Penyelenggaraan Jaminan Nasional, diharapkan mampu mentransformasi 4 BUMN menjadi dua kedalam BPJS, untuk program jaminan kesehatan dan BPJS  untuk program ketenagakerjaan, yang terdiri dari jaminan kecelakaan kerja, Jaminan hari tua, jaminan pensiun dan jaminan kematian. Program jaminan kesehatan dan pendidikan di Kabupaten paser pada prinsipnya sudah  dilaksanakan dengan baik, dengan adanya program pengembangan pelayanan jaminan kesehatan dalam bentuk perjanjian  kerjasama antar Pemerintah Kabupaten Paser dengan PT Askes (Persero) tentang pengelolaan Penyelenggaraan Program Pelayanan Kesehatan Gratis di Kabupaten Paser. Jaminan Sosial merupakan instrumen untuk mewujudkan tujuan Negara Sejahtera (Welfare State). UU No 40 Tahun 2004 mengatur tentang sistem jaminan Sosial Nasional (SJSN) bagi seluruh rakyat Indonesia. Perlinduangan sosial dibutuhkan dan memiliki peran strategis untuk menghadapi kerentanan yang disebabkan resiko alam maupun ekonomi.

Hadirin yang saya hormati.

          Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan, dan dengan mengucapkan Bismillahirrahmanir rahim, Acara Sosialisasi Transformasi Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) saya nyatakan di buka.  Semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan ridho-Nya kepada kita sekalian. Amin Ya Robbal Alamin.

Sekian terima kasih,

Wabillahi taufik walhidayah,

Assalamualaikum wr.wb.

 

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA  ACARA PEMBUKAAN KEJUARAAN RENANG ANTAR PELAJAR DAN UMUM (KRAPU) KE VI

SE-KABUPATEN PASER

TAHUN 2013

 

 Tana Paser, 31 Maret 2013

 

 

 “Assallamualaikum Wr.Wb”

Salam Olahraga,

Yang saya hormati,

1.  Ketua DPRD Kabupaten Paser;

2.  Dandim 0904 Tanah Grogot;

3.  Kapolres Paser;

4.  Kepala SKPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Paser;

5.  Ketua Umum KONIDA Paser;

6.  Direktur Utama PDAM;

7.  Pengurus PRSI Kabupaten Paser ;

8.  Para Atlet Peserta Kejuaraan Renang Pelajar dan Umum se-Kabupaten Paser;

Bapak, Ibu dan Saudara sekalian yang berbahagia;

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin mengajak kita semua untuk senantiasa memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan ijin dan perkenan-Nya jualah kita dapat berkumpul bersama dalam keadaan sehat wal’afiat untuk mengikuti Pembukaan Kejuaraan Renang Antar Pelajar dan Umum (Krapu) VI se-Kabupaten Paser Tahun 2013.

Shalawat dan salam juga kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad, SAW dan keluarga dan para sahabatnya, semoga dengan berkahnya, dilepaskan kita dari segala macam kesulitan, ditunaikan hajat, dilimpahkan rezeki dan  disejahterakan Bumi Daya Taka yang kita cintai ini.

Hadirin yang berbahagia,

Kita semua patut bersyukur dengan adanya fasilitas kolam renang “Awa Selangui”, yang mulai beroperasi akhir tahun 2005, sebagai tempat bermain dan berlatih olah raga renang. Yang kemudian diikuti dengan terbentuknya Pengurus Cabang Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Paser. Bahkan sudah ada beberapa klub renang yang telah didirikan. Keberadaan klub olah raga renang ini tentu saja berpengaruh terhadap kemajuan atlet renang kita.

Karena selain sebagai tempat pelatihan dan pembinaan dengan tehnik renang yang baik dan benar, secara nyata keberadaan klub renang yang profesional dapat juga menjadi tolak ukur yang sangat menentukan kemajuan olahraga renang kita.

Saya berharap kepada perkumpulan atau klub renang di Kabupaten Paser dapat tumbuh dan berkembang serta bersaing untuk mencetak perenang-perenang yang handal.

Hadirin dan peserta kejuaraan renang yang berbahagia,\

Tujuan dari penyelenggaraan suatu kejuaran olahraga, selain untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan, juga dimaksudkan untuk menggali potensi atlet-atlet muda yang dapat diproyeksikan ke even yang lebih tinggi. 

Dengan rutinitas latihan dan kontinuitas event kejuaraan seperti ini, para atlit akan termotivasi untuk giat berlatih dan berprestasi. Tidak menutup kemungkinan di Kabupaten Paser akan lahir perenang-perenang muda yang bisa dibanggakan bangsa Indonesia. Seperti perenang Putri Paser Kartini Nurzakiyah yang telah menggoreskan tinta emasnya pada Kejuaraan Olahraga Antar Sekolah Olahragawan Se-Asia Tenggara di Ubonratchani City, Thailand pada  Juni 2012 lalu berhasil meraih perunggu. Prestasi  seperti ini  tentu saja bisa terjadi, apabila pemberdayaan, pendanaan, pelatihan serta pembinaan benar-benar ditangani secara serius.

Saya sangat yakin, dengan semangat dan tekad yang bulat antara Pemerintah Daerah dan seluruh  lapisan masyarakat akan dapat mencapai cita-cita tersebut. Untuk itu kedepan saya berharap Pengcab PRSI tidak saja menyelenggarakan kompetisi dalam skala lokal, tetapi juga  berani mengagendakan kompetisi di tingkat yang lebih luas.

Hadirin yang saya hormati,

Dalam kesempatan yang baik ini, kepada seluruh peserta saya ingatkan melalui semangat olah raga ini, agar selalu meningkatkan rasa kebersamaan, sportifitas, memperkokoh persatuan dan kesatuan menuju Kabupaten Paser yang adil, makmur damai dan  sejahtera.

Kepada Pengurus Cabang PRSI Paser dan para sponsor serta donatur dan juga panitia pelaksana, saya ucapkan terima kasih atas motivasi dan dedikasi saudara memajukan dan memacu prestasi olahraga renang di Kabupaten Paser.   Saya yakin dengan kompetisi yang kita laksanakan secara rutin dan berkesinambungan serta terprogram dengan baik, pada saatnya nanti kita dapat meraih prestasi dan berbicara di tingkat yang lebih tinggi

Akhirnya, dengan diawali ucapan “bismilahirahmannirahim”, Kejuaraan Renang Antar Pelajar dan Umum ke - VI (enam) hari ini, minggu , 31 Maret 2013, saya nyatakan dibuka dengan resmi.

 “Selamat Bertanding dan Junjung Tinggi Sportivitas dan Salam Olah Raga.”

Sekian terima kasih,

Wabilahi Taufik Walhidayah, Wassalamualikum Wr.Wb.

 

BUPATI PASER

HM. RIDWAN SUWIDI

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA MAULID NABI MUHAMMAD SAW
DI MASJID NURUL MUHIBBIN

Tana Paser, 31 Maret 2013

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.      Camat Tanah Grogot;

Yth.      Para SKPD Sekabupaten Paser;

Yth.      Penceramah KH. Muhammad Bakhiet.AM dan Para Habib ;

Yth.      Majelis Taklim Nurul Muhibbin Tanah Grogot;

Yth.      Pengurus Masjid Nurul Muhibbin Tanah Grogot;

Saudara - saudara, kaum Muslimin dan Muslimat serta hadirin yang berbahagia.

Segala puji dan ungkapan rasa syukur kita persembahkan kepada Allah SWT. Karena atas segala limpahan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga kita dapat bertemu dalam suasana yang khidmat dan penuh makna ini, dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1434 Hijriyah.

Sholawat dan salam kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, atas segala upayanya menuntun umatnya dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang seperti saat ini.

Mengawali sambutan ini saya ingin menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Pengerus Majelis Ta’ lim Nurul Muhibbin Kecamatan Tanah Grogot atas inisitifnya dalam melaksanakan maulid Nabi Muhammad SAW pada siang hari ini.  Ini merupakan bentuk nyata syiar Islam, semoga lembaga-lembaga lain bisa mengikuti dan lebih gencar mengajak saudara-saudari kita agar aktif lebih dalam mengikuti kegiatan-kegiatan semacam ini.

Hadirin yang dimuliakan Allah,

Umat Islam Indonesia setiap tahun selalu memperingati peristiwa Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Bahkan tanggal 12 Rabiul Awal itu bukan saja telah menjadi even ritual belaka tetapi telah menjadi hari libur nasional, hal ini menunjukkan sebagai ungkapan kemuliaan, keagungan, kebesaran dan kecintaan umat Islam terhadap Nabi Muhammad SAW.

Memperingati Maulid Nabi bagaikan menyelami sebuah samudera kehidupan yang luas tiada bertepi, di mana bertaburan mutiara “Uswatun Hasanah” (tauladan yang baik) untuk seluruh aspek kehidupan manusia sepanjang zaman, di manapun dan kapanpun. Nabi Muhammad memiliki pribadi utama yang tidak ada tolok bandingnya di alam semesta.

Oleh karena itu, kita sebagai umat pengikutnya meskipun hidup jauh dari masa kehidupan Nabi, sudah sepatutnya, perilaku kehidupan Rasulullah dapat menjadi teladan yang baik bagi kita umat Islam. Sebagai umatnya kita harus berkaca pada pribadi beliau. Dan kita harus berusaha, meniru dan meneladani beliau, terlebih pada saat ini. Dalam kondisi seperti ini, momentum maulid Nabi sangat relevan diselenggarakan untuk dapat dijadikan refleksi umat guna meneladani kehidupan Rasulullah yang mulia.

Berkaitan dengan itu, pada kesempatan ini perkenankanlah saya untuk dapat menyampaikan salah satu kebijakan Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat dan pemerintahan yang patut diteladani oleh kita yang kini telah memperjuangkan reformasi agar bangsa kita mampu mengatasi kesulitan yang dihadapi dewasa ini.

Kebijakan tersebut adalah, beliau memulai dari pembangunan aqidah. Karena pada saat itu rusaknya akhlak masyarakat Arab adalah diakibatkan oleh krisis aqidah. Di mana aqidah mereka telah dikotori dengan berbagai perbuatan syirik, penyembahan terhadap berhala yang membuat tujuan hidup mereka tidak jelas.

Melihat hal tersebut, maka yang dilakukan pertama oleh Nabi adalah pembangunan aqidah, yang memurnikan dan membersihkannya dari noda-noda syirik. Dengan aqidah yang murni dan kokoh ternyata telah menjadikan tujuan hidup manusia sangat jelas yaitu hidup untuk mengabdi kepada Allah sebagai khalifah-Nya di muka bumi.

Dalam menghadapi situasi seperti sekarang ini, tepat sekali apabila kita meneladani perilaku Rasulullah yang memulai reformasinya dan membangun aqidah yang murni dan kokoh. Karena keberhasilan pembangunan rohani akan menyebabkan keberhasilan pembangunan jasmani.

Hadirin yang berbahagia,

Kita tentu saja sangat bersyukur dengan ajaran-ajaran yang diberikan oleh Nabi kepada kita, oleh karena itu saya berharap dengan momentum peringatan Maulid Nabi kali ini hendaknya dapat mampu menumbuhkan rasa cinta kita yang mendalam terhadap Rasulullah dan juga kita dapat berusaha mengikuti jejak langkah Rasulullah sebagai figur dan panutan dalam segala aspek kehidupan.

Sebagai akhir dari sambutan saya ini, saya berharap peringatan ini akan membawa perubahan dalam diri kita. Jika hal ini kita teladani maka saya yakin peringatan Maulid Nabi ini akan menjadi sangat bermakna, dan bukan sekedar acara seremonial yang berlangsung dari tahun ke tahun. Dan semoga  dapat memotivasi kita untuk mencontoh aspek-aspek pribadi utama Nabi dalam kehidupan individu, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Mudah-mudahan seluruh usaha kita dalam membangun kehidupan bangsa dan negara ini mendapat Ridho dan Inayah dari Allah SWT. Amin ya robbal ’alamin.

Sekian terima kasih,

Wabillahi taufik walhidayah,

Assalamualaikum wr.wb.

BUPATI PASER

Ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA TABLIQ AKBAR PURNA PRAKARYA MUDA INDONESIA KABUPATEN PASER
Tana Paser, 31 Maret 2013

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.         Ketua DPRD Kab. Paser ;

Yth.         Ketua Pengadilan dan Unsur Muspida Kabupaten Paser;

Yth.         Ketua MUI Kabupaten Paser;

Yth.         Ustad H.Muhammad Dja’far Siddiq dari Jakarta

Yth.         Dewan Pengurus Cabang Purna Prakarya Muda Indonesia Kab. Paser;

Yth.         Badan Pengelola Masjid Agung Nurul Falah Tanah Grogot;

Yth.         Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda;

Peserta jamaah tabligh, serta hadirin dan hadirat yang saya hormati

          Alhamdulillahi rabbil alamin, marilah kita mengawali kegiatan pada malam hari ini dengan sama-sama memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena atas rahmat dan perkenaan-Nya kita dapat hadir pada acara silaturahim dan tablig akbar dengan H. Muhammad Dja’far Siddiq, dan Drs.H.Abdul Syakur Rauf. MM, dengan tema Membangun Ukhuwah Islamiah Masyarakat Tanpa Kekerasan, Anarkisme, dan Permusuhan Antar Kelompok.

Salam dan salawat kita kirimkan kepada Nabi Muhammad SAW, nabi terakhir yang sejak kecil dijuluki al amin atau yang terpercaya, nabi yang jauh hari sebelum kemunculannya di muka bumi sudah diramalkan di beberapa kitab agama lain.

Hadirin yang berbahagia,

Saya atas nama pribadi, pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Paser mengucapkan selamat datang pada pembicara H Muhammad Dja’far Siddiq dari Jakarta yang bersedia datang di Kabupaten Paser, daerah yang juga dikenal dengan nama Bumi Daya Taka, dengan julukan Paser Buen Kesong atau Paser Berhati Baik.

Ukhuwah Islamiyah memiliki makna yang besar dalam membangun persaudaraan berdasarkan kesamaan sebagai kaum Muslimin, baik didalam satu negara maupun antar negara. Ukhuwah Wathoniyah memiliki pengertian berdasarkan kesamaan tanah air dan kebangsaan Indonesia. Sedangkan untuk Ukhuwah Basyariyah yakni membangun persaudaraan serta hubungan yang dibangun berdasarkan kemanusiaan, tanpa mengenal golongan, kelompoknya maupun agamanya, memperkuat silaturahmi antar masyarakat dan menjaga keharmonisan antar sesama merupakan modal dasar dalam membangun persatuan dan kesatuan. Jangan kita menyakiti orang lain yang mempunyai keyakinan berbeda, supaya tali persaudaraan tetap terjaga. Sebagai warga negara yang baik dan khususnya umat Islam, untuk selalu taat pada Allah SWT. Kita harus taat dan berjuang dengan cara yang baik. Seperti Nabi Muhammad SAW dalam memperjuangkan Islam juga dengan cara yang baik.

Seperti yang kita ketahui, aksi terorisme dengan mengatasnamakan jihad di Indonesia akhir-akhir ini semakin marak. Mayoritas pelaku teror adalah generasi muda. Sehingga perlunya pemahaman Islam yang benar, sebab Al-Quran mengajarkan prinsip-prinsip perdamaian dalam konteks hubungan kemanusiaan universal.

Kemudian isu-isu berbau SARA (suku, agama, Ras dan antar golongan) adalah isu strategis untuk memecahkan persatuan dan kesatuan Republik Indonesia. Selain itu juga biasa digunakan pada musim kampanye. Untuk itu kita sebagai umat beragama dapat membentengi diri masing-masing agar tidak terprovokasi.

Hadirin yang berbahagia,

Selanjutnya kami mengucapkan terima kasih kepada Dewan pengurus cabang Purna Prakarya Muda Indonesia cabang Kabupaten Paser yang berinisiatif mendatangkan pembicara dari Jakarta. Marilah kita simak baik-baik yang akan disampaikan oleh pembicara sehingga bisa membuat kita semakin mantap dalam beribadah.

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada malam hari ini. Semoga Allah, SWT selalu meridhoi kita semua. Amin Ya Robbal Alamin.

Sekian terima kasih,

Wabillahi taufik walhidayah,

Assalamualaikum wr.wb.

 

BUPATI PASER

           ttd

 

 H.M. RIDWAN SUWIDI

Thu, 18 Jul 2013 @10:26

Copyright © 2014 Jimi paser · All Rights Reserved