HUMASPRO
image

HUMAS PRO PASER

054324123


Jl.Noto Sunardi No.1 Tana Paser Kab.Paser Kalimantan Timur
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Arsip
Jam

Kalender


Pengunjung

Display
Slogan

KUMPULAN PIDATO AGUSTUS

image

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PELATIHAN PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PERDESAAN (PUAP) BAGI PPL PENDAMPING DAN GAPOKTAN SE-KAB. PASER

Tanah Grogot, 11 Agustus 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Kepala Dinas/ Badan/ Kantor/ Bagian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth.              Tim teknis pelaksana Pengembangan Usaha Agribisnis Perdedaan (PUAP);

Yth.              Para Camat;

Yth.              Para Narasumber, tamu dan undangan serta peserta pelatihan yang berbahagia;

 

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas ijin-Nya jualah dita masih diberi kesempatan untuk berkumpul di tempat ini dalam rangka mengadakan pelatihan Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) bagi Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Pendamping dan Pengurus Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) tahun 2009.

Saudara sekalian yang saya hormati,

Permasalahan mendasar yang dihadapi petani adalah kurangnya akses kepada sumber permodalan, pasar dan teknologi serta organisasi tani yang masih lemah. Untuk mengatasi dan menyelesaikan permasalahan tersebut Pemerintah menetapkan program jangka menengah yang fokus pada pembangunan pertanian di perdesaan. Salah satunya ditempuh melalui pendekatan pengembangan usaha agribisnis dan memerkuat kelembagaan pertanian di perdesaan.

Dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan dan pengangguran serta penciptaan lapangan kerja di perdesaan, Presiden RI telah mencanangkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM-M). PUAP yang dilaksanakan oleh Departemen Pertanian mulai 2008 dilakukan secara terintegrasi dalam program PNPM-M.

PUAP merupakan bentuk fasilitasi bantuan modal usaha untuk petani anggota, baik petani pemilik, penggarap, buruh tani maupun rumah tangga tani yang dikoordinasikan oleh Gapoktan yang sifatnya bergulir. Artinya dikembalikan dan diperuntukkan lagi bagi petani lainnya yang belum memeroleh kesempatan.

Gapoktan merupakan kelembagaan tani pelaksana PUAP untuk penyaluran bantuan modal usaha bagi anggota. Untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaannya, Gapoktan didampingi oleh tenaga Penyuluh Pendamping dan Penyelia Mitra Tani (PMT). Lebih dari pada itu dana PUAP yang merupakan Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) dapat dikelola secara transparan, profesional dan bertanggung jawab sehingga benar-benar memeroleh hasil yang maksimal dan tepat sasaran.

Jangan sedikitpun ada yang diselewengkan atau disalahgunakan karena jika itu yang terjadi maka akan berurusan dengan aparat hukum. Melalui pelaksanaan PUAP diharapkan Gapoktan dapat menjadi kelembagaan ekonomi yang dimiliki dan dikelola petani secara berkelanjutan.

Hadirin yang saya hormati,

PUAP di antaranya bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran melalui pertumbuhan dan pengembangan kegiatan usaha agribisnis di perdesaan sesuai dengan potensi wilayah. Di samping itu pula PUAP bertujuan untuk memberdayakan kelembagaan petani dan ekonomi perdesaan, sehingga yang menjadi sasaran adalah berkembangnya usaha agribisnis, berkembangnya Gapoktan dan meningkatnya kesejahteraan rumah tangga tani miskin di daerah Kabupaten Paser.

Paser memeroleh alokasi dana PUAP di 21 desa yang tersebar di 6 kecamatan pada 2008, dan di 28 desa 9 kecamatan yang nilainya sama 2009, 100 juta per desa.

Camat, Kepala BPP dan kepala Desa merupakan tim teknis di tingkat kecamatan mempunyai tugas penting dalam melakukan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan PUAP yang dikelola oleh Gapoktan desa.

Kepada penyuluh pendamping dan PMT saya juga sangat mengharapkan untuk dapat terus melaksanakan tugasnya dengan maksimal dan bertanggung jawab dalam memberikan bimbingan teknis, melakukan pemecahan masalah usaha tani, membantu memfasilitasi kemudahan akses terhadap sarana produksi, teknologi dan juga masalah pasar. Di samping itu untuk menjamin pelaksanaan PUAP dapat berjalan sesuai dengan sasaran dan tujuan, Penyelia Mitra Tani mempunyai tugas penting untuk melaksanakan pengawalan pemanfaatan dana BLM PUAP yang dikelola oleh Gapoktan.

Hadirin yang saya hormati,

Dalam system penganggaran terpadu berbasis kinerja, perlu dilakukan penilaian terhadap capaian kinerja output dan outcome dari setiap program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh instansi untuk memberikan keyakinan bahwa sasaran dan tujuan dari suatu program dan kegiatan dapat tercapai sesuai dengan prinsip efisiensi, ekonomis, efektifitas dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sehubungan dengan hal tersebut dan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), maka dalam pelaksanaan kegiatan PUAP ini akan dilakukan pengawasan internal oleh Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Departemen Pertanian, yang dalam hal ini adalah Inspektorat Jenderal Departemen Pertanian.

Pengawasan internal meliputi seluruh proses kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lainnya terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi dalam rangka memberikan keyakinan yang memadai bahwa kegiatan PUAP telah dilaksanakan sesuai dengan tolok ukur yang ditetapkan secara efektif dan efisien dalam mewujudkan tatakelola pemerintahan yang baik.

Hadirin yang saya hormati,

Demikian yang dapat saya sampaikan, dan atas segala perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Akhirnya dengan ucapan Bismillahirrahmanir rahiim, Pelatihan Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan bagi PPL Pendamping dan Pengurus Gapoktan se-Kabupaten Paser secara resmi saya nyatakan dibuka.

Terima kasih.

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA OPENING CEREMONY BANK MEGA KANTOR CABANG TANAH GROGOT

Tanah Grogot, 19 Agustus 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth .Ketua Pengadilan dan Unsur Muspida Kabupaten Paser;

Yth .Deputi Regional Bank Mega Kantor Cabang Makassar;

Yth .Pimpinan Bank Mega Kantor Cabang Tanah Grogot;

Yth .Pimpinan BUMN/BUMD dan para pelaku usaha;

Undangan dan hadirin yang berbahagia ;

 

Pada kesempatan yang baik dan semoha senantiasa penuh berkah ini, marilah sekali lagi kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT atas rahmat dan ridho-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini untuk bersama-sama menyaksikan opening ceremony Bank Mega Cabang Kabupaten Paser.

Hadirin yang berbahagia,

Saya ucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke-64 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, semoga di usia yang sudah termasuk matang ini, bangsa kita dapat bekerja lebih baik lagi, ekonomi makin tumbuh dan berkembang. Dengan demikian kita dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita terutama warga Paser tercinta.

Yang kedua, saya mengucapkan selamat atas berdirinya Bank Mega di Bumi Daya Taka. Kita tentu berharap kehadiran Bank Mega di Kabupaten Paser menjadi salah satu faktor meningkatnya sektor pembangunan ekonomi kita, untuk dapat meningkatkan kinerja dan prestasi di tahun 2009 dan juga pada tahun-tahun selanjutnya.

Hadirin yang berbahagia,

Minat pasar terhadap dunia perbankan bisa dikatakan kembali membaik pasca krisis ekonomi global yang sempat melanda sejumlah negara. Hal ini terlihat dengan adanya peluang dari Bank Mega yang secara resmi membuka kantor cabang di kota Tanah Grogot. Semoga pengembangan ini bisa menambah pelayanan perbankan yang berkualitas bagi nasabah dan masyarakat di Kota Tanah Grogot dan sekitarnya.

Kita tentu gembira dengan hadirnya Bank Mega di Bumi Daya Taka. Ini tentu akan lebih meningkatkan dinamika dunia perbankan di Kabupaten Paser.

Kehadiran Bank Mega diharapkan mampu menciptakan hubungan simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, yaitu pihak Bank Mega dan masyarakat dunia usaha mengingat Tanah Grogot memiliki prospek yang cerah untuk lebih dikembangkan di masa yang akan datang seperti sektor perikanan, pertambangan, perkebunan, pertanian, perdagangan, dan hotel.

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanir rahim , Opening ceremony Bank Mega Kantor Cabang Tanah Grogot secara resmi saya nyatakan dibuka.

  Semoga kita selalu mendapat ridha dari Allah, SWT dalam rangka meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Kabupaten Paser.


Doa dan perjuangan di tana Paser

Tanami dengan segala kebaikan

Kelak kita akan menuainya bersama

 

Sekian terima kasih.

Wabillahit taufiq wal hidayah

Wassalamu alaikum wr.wb

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA SERAH TERIMA BANTUAN JAMBAN KELUARGA PROGRAM CBFA WATSAN UNTUK DESA MENGKUDU KECAMATAN BATU ENGAU

Mengkudu, 18 Agustus 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Ketua Divisi PSK Palang Merah Indoensia Pusat;

Yth.              Ketua Pengurus PMI Cabang Kalimantan Timur;

Yth.              Kepala Markas Daerah PMI Cabang Kalimantan Timur;

Yth.              Ketua Pengurus PMI Cabang Kabupaten Paser;

Yth.              Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth.              Camat Batu Engau;

Yth.              BPD, Kepala Desa Mengkudu;

Hadirin serta para Undangan yang berbahagia;

 

Marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, yang tiada kunjung hentinya menganugerahkan nikmat dan karunia-Nya, sehingga pada pagi hari ini kita diberikan kesempatan untuk mengikuti dan menyaksikan salah satu kegiatan yang sangat menentukan bagi masyarakat Desa Mengkudu, yaitu penyerahan bantuan jamban keluarga program CBFA Watsan.

Kegiatan ini menandai berakhirnya program CBFA Watsan yang berada di desa Mengkudu sejak 2006. Saya menilai pemberian jamban keluarga adalah salah satu tonggak sejarah, yang menandakan bahwa masyarakat Mengkudu telah memperbaiki pola hidup yang sehat dan bersih.

Hadirin yang berbahagia,

Fasilitas keluarga untuk hidup sehat di daerah pedesaan di Kabupaten Paser pada umumnya belum memenuhi standar hidup yang sehat. Fasilitas kesehatan yang ada di rumah-rumah penduduk belum memadai, begitu juga fasilitas umum yang belum banyak dijumpai.

Gambaran derajat kesehatan Desa Mengkudu dan desa-desa lainnya di Kabupaten Paser belum optimal, tercermin dari masih tingginya beberapa indikator kesehatan seperti angka kematian bayi, angka kematian ibu, angka kematian kasar, penduduk dengan keluhan sakit dan cakupan air bersih.

Selain itu, kondisi air minum belum memenuhi syarat bakteriologi, masih terdapat keluarga menggunakan jamban keluarga yang belum memenuhi syarat kesehatan dan keluarga belum memiliki Sarana Pembuangan Air Limbah (SPAL).

Hadirin yang berbahagia

Perhatian Pemerintah Kabupaten Paser terhadap program  bantuan dari luar Paser,  termasuk negara lain sangatlah besar. Saya berharap pembangunan jamban keluarga di desa Mengkudu ini bisa selesai sampai 100 persen, dan jangan sampai ada yang tidak selesai. Hal ini seiring dengan salah satu tujuan kita dalam membangun yaitu melihat masyarakat Paser sebanyak mungkin yang bisa menikmati pembangunan seluas-luasnya.

Pemerintah Kabupaten Paser tidak ingin melihat ada bantuan yang hanya dikerjakan secara setengah-setengah. Sewaktu kunjungan beberapa waktu yang lalu saya telah berpesan agar pembangunan yang dilaksanakan atas bantuan swadaya warga ini bisa selesai sebelum hari ini.

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah sambutan saya untuk kali ini, sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada CBFA Watsan, PMI dan semua pihak yang turut berpartisipasi selama ini dalam membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat Kabupaten Paser terutama di desa Mengkudu Kecamatan Batu Engau.

Doa dan perjuangan di tana Paser

Tanami dengan segala kebaikan

Kelak kita akan menuainya bersama

 

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PELANTIKAN DEWAN DIREKSI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) “BERSAMA TAKA SUKSES” DI DESA JEMPARING KEC. LONG IKIS KABUPATEN PASER

Long Ikis, 13 Agustus 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Ketua DPRD Kabupaten Paser, atau yang mewakili ;

Yth.              Sekretaris Daerah;

Yth.              Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Paser ;

Yth.              Kepala Badan/ Dinas/ Kantor/ Bagian/ Camat dan Instansi Pemerintah Kabupaten Paser ;

Yth.              Kepala Desa Jemparing, Ketua BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Lembaga Kemasyarakatan Desa, LSM serta masyarakat luas Desa Jemparing yang berbahagia ;

Yth.              Kepala PTPN XIII Kab. Paser, Kepala Unit BRI, BPD Kaltim, serta para pelaku usaha diwilayah kecamatan Long Ikis yang kami hormati ;

Yth.              Komisaris, Para Calon Direksi, Kepala Unit Usaha serta Staf jajaran pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ”BERSAMA TAKA SUKSES” Desa Jemparing yang kami banggakan, serta para Undangan yang berbahagia ;

 

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas Rahmat dan Karunia-Nya, kita dapat bertemu pada hari ini dalam acara Pelantikan Dewan Direksi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Pembukaan Kantor baru BUMDes “Bersama Taka Sukses” Desa Jemparing Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser Tahun 2009.

Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Paser mengucapakan selamat dan penghargaan kepada Pemerintah Desa Jemparing, BPD dan seluruh masyarakat Desa Jemparing atas terbentuknya BUMDes “Bersama Taka Sukses” di Desa Jemparing sebagaimana salah satu Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Paser adalah “Mengembangkan ekonomi kerakyatan” dan salah satu Kebijakan khusus Bupati Paser tahun 2005-2010 adalah “Pemberian Stimulan penguatan modal kepada koperasi dan Lembaga Usaha Ekonomi Mikro untuk mendukung pengembangan ekonomi kerakyatan” sebagaimana Amanat UU Nomor 32 Tahun 2004 bahwa desa dapat mendirikan BUMDes sesuai kebutuhan dan potensi desa, atas dasar inisiasi dan prakarsa masyarakat Desa.

Pemerintah Daerah Kabupaten Paser telah banyak mengalokasikan pembiayaan kepada pemerintah desa melalui program-program pemberdayaan masyarakat usaha ekonomi desa terutama masyarakat miskin melalui dinas-dinas, kantor dan sebagainya guna mendukung sarana prasarana umum untuk kelancaran usaha ekonomi masyarakat, peningkatan kapasitas masyarakat dan pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang.

Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2009 sebesar 66 Milyar Rupiah telah diluncurkan untuk memperkuat penyelenggaraan pemerintahan Desa dalam pelaksanaan BUMDes yang diantaranya diperuntukan untuk pemberdayaan usaha ekonomi masyarakat desa melalui Penyertaan Modal Desa kepada BUMDes sesuai kebutuhannya, sebagaimana Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa.

Saudara sekalian yang saya hormati,

Pemerintah Daerah Kabupaten Paser telah memberikan apresiasi yang sangat kuat serta mendukung penguatan lembaga keuangan Mikro di pedesaan sebagaimana difasilitasi oleh Peraturan Daerah Kabupaten Paser Nomor 15 Tahun 2008 tentang Tata Cara Pembentukan dan Pengelolaan BUMDes Paser.

Pada Tahun Anggaran 2009 ini Pemerintah Daerah Kabupaten Paser telah menyalurkan Bantuan Dana Modal Dasar kepada berdirinya BUMDes di seluruh Desa Kabupaten Paser sebesar 50 juta Rupiah atau 6 Milyar Rupiah kepada masing-masing Desa melalui ADD dan akan direncanakan diberikan tambahan modal atau hibah melalui dana Kredit Pinjaman Modal Usaha (KPMU) sebesar ± 3 Milyar Rupiah bagi 120 Desa di kabupaten Paser.

Untuk mewujudkan hal tersebut yang saya sampaikan Pemerintah Daerah Kabupaten Paser telah menempatkan Fasilitator Pendamping BUMDes sebanyak 60 orang di masing-masing desa, kecamatan dan kabupaten sebagai motivator, Fasilitator serta membantu dalam manajerial pengelolaan BUMDes secara transparan, akuntabilitas dan profesional sesuai potensi masing-masing desa yang dikelola secara terpisah dari penyelenggaraan Pemerintahan Desa yang berdampak pada Pendapatan Asli Desa (PADes) dan penyerapan tenaga kerja di desa yang berimplikasi meningkatnya kwalitas taraf hidup masyarakat di desa.

BUMDes “Bersama Taka Sukses” desa Jemparing sebagai salah satu lembaga perekonomian masyarakat yang ada di Desa Jemparing diharapkan dapat terus dipelihara dan mempunyai manfaat yang besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Jemparing oleh karena itu pada kesempatan ini saya berharap kepada Pengurus atau Komisaris, Dewan Direksi dan Badan Pengawas yang akan dilantik pada hari ini untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya, sesuai tujuan dan harapan Masyarakat warga desa Jemparing mendirikan BUMDes ini dalam rangka otonomi Desa serta mengembangkan ekonomi kerakyatan menuju desa yang mandiri tanpa ketergantungan dari Pemerintah.

Hadirin yang saya hormati,

BUMDes “Bersama Taka Sukses” Desa Jemparing diharapkan dapat memberikan kontribusi sebagai payung hukum dalam memelihara lembaga usaha milik warga desa Jemparing seperti Lembaga Simpan Pinjam masyarakat desa jemparing atau unit usaha yang dimiliki BUMDes ini di kemudian hari dikembangkan budaya menabung dan hidup surplus, memelihara dan meningkatkan adat kebiasaan bergotong royong untuk gemar menabung secara tertib, teratur, bermanfaat dan berkelanjutan, mendorong tumbuh dan berkembangnya kegiatan ekonomi masyarakat desa jemparing, mendorong perkembangan usaha sektor informal untuk dapat menyerap tenaga kerja bagi masyarakat di desa / kelurahan, serta meningkatkan kreatifitas berwira usaha bagi anggota masyarakat desa jemparing yang berpenghasilan rendah.

Saudara-saudara sekalian,

Sekali lagi saya berharap agar para pengurus BUMDes Desa Jemparing yang dilantik ini dapat melaksanakan tugasnya dengan kesadaran serta kejujuran yang tinggi supaya lembaga ini nantinya benar-benar memberikan pelayanan yang sangat diharapkan oleh warga ini yang tertuang dalam Peraturan Desa Jemparing sesuai hasil Musyawarah desa serta mengacu kepada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Saya, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Paser menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat sehingga BUMDes “Bersama Taka Sukses” Desa Jemparing ini terwujud, semoga Allah SWT selalu mencurahkan rahmat-Nya kepada kita semua. Amin ya rabbal Alamin.

Mengakhiri sambutan ini, dengan segala kerendahan hati Saya memohon Ridho dan Rahmat Allah Subhanallahu Wata’ala dan dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahiim, Saya nyatakan bahwa Pelantikan Dewan Direksi dan Jajaranya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ”Bersama Taka Sukses” Desa Jemparing Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser Tahun 2009 di Desa Jemparing ini secara resmi dimulai.

Terima kasih.

 

 

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PEMBUKAAN GEBYAR RAMADHAN

Tanah Grogot, 22 Agustus 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth .Unsur Muspida Kabupaten Paser;

Yth .Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Paser;

Yth .Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Paser;

Yth .Kepala Instansi Pemerintah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth .Kepala Sekolah, dan guru;

Anak-anakku, Para siswa, yang berbahagia ;

Marilah pada hari yang penuh kesyukuran dan membahagiakan ini, bersama-sama kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah, SWT atas perkenan rahmat dan ridho-Nya, kita bersama dapat bersilaturrahmi, dapat beribadah, bersatu dalam doa dan zikir, memohon kepada Allah, SWT, untuk kelancaran ibadah kita dalam menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Selanjutnya marilah kita kirimkan salawat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad, SAW, kepada keluarganya, tabi’it tabi’innya, dan seluruh pengikutnya hingga akhir zaman.

Hadirin yang berbahagia,

Umat Islam telah mendapatkan tuntunan hidup yang sangat lengkap, yang bersumber dari firman Allah dan hadits Rasulullah. Umat Islam memiliki banyak rujukan, sumber-sumber yang menuntun perjalanan hidup di dinia dan akhirat.

Dalam kesempatan kali ini, saya ingin mengingatkan beberapa hal. Pertama, janganlah kita menyia-nyiakan waktu dan kesempatan yang diberikan oleh Allah dalam kehidupan kita.

Kedua, kita dituntun untuk memahami bahwa nasib kita tidak akan berubah kalau kita sendiri tidak berusaha untuk merubahnya. Sebagai pelajar, harusnya kita tahu, bahwa pendidikan adalah salah satu cara terbaik untuk mengangkat derajat sosial, ekonomi dan martabat diri serta keluarga kita. Marilah kita sama-sama berupaya dan berikhtiar untuk merubah nasib dan masa depan kita.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah,

Kurikulum nasional menuntut setiap anak untuk bisa meningkatkan mutu dan potensi diri sesuai dengan bakat dan minat yanga da dalam diri masing-masing. Tak dapat dipungkiri bahwa kebijakan pemerintah pusat ini telah menciptakan aktor-aktor yang bukan hanya mendapatkan nilai sempurna pada ujian nasional, tetapi juga mengharumkan nama bangsa Indonesia di kompetisi tingkat internasional, seperti olimpiade.

Untuk mengimbangi lajunya kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, para pendidik dituntut untuk membekali anak didiknya dengan pengetahuan iman dan taqwa. Pembinaan akhlakul karimah seperti ini sangat penting untuk anak-anak usia sekolah, karena dapat menyeimbangkan antara perkembangan kemampuan intelektual dengan kemampuan rohaniah atau spiritualnya.

Itulah sebabnya, gebyar Ramadhan yang merupakan langkah awal sebelum melakukan pesantren Ramadhan di sekolah masing-masing dianggap sebagai salah satu medium pembelajaran bagi anak didik sehingga bisa meningkatkan dan memantapkan kadar keimanan dalam beribadah.

Hadirin yang berbahagia,

Pesantren Ramadhan dinilai merupakan satu kegiatan yang sangat positif bagi pelajar. Satu hal yang patut untuk disyukuri di Bumi Daya Taka bahwa hampir setiap sekolah telah menjadikan pesantren Ramadhan sebagai kegiatan rutin ekstra kurikuler. Itu berarti, ada kewajiban bagi setiap siswa yang beragama Islam untuk mengikuti kegiatan ini di sekolahnya masing-masing.

Setelah pembukaan yang kita laksanakan pagi ini, anak-anakku akan kembali ke sekolah masing-masing untuk melaksanakan pesantren Ramadhan.

Satu hal saya pesankan, agar dalam berpuasa ini, kita tidak hanya terpaku pada ibadah-ibadah yang sifatnya rutinitas tanpa memperhatikan substansi setiap ibadah itu. Bulan Ramadhan tidak hanya terbatas pada shalat tarawih, bangun sahur, berpuasa, kemudian berbuka pada sore hari.

Alangkah baiknya jika kita memperbanyak melakukan kebaikan-kebaikan dan amal shaleh, sehingga kita tidak mendapatkan nilai dari ibadah puasa semata, tapi ada juga amal ibadah lain yang kita kerjakan. Perbanyaklan sedekah, serta infaq yang disertai dengan niat yang tulus untuk mendapatkan ridha Allah SWT.

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, dan dengan memohon keridhaan Allah, Gebyar Ramadhan dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1430 Hijriyah atau 2009 Masehi yang diikuti para siswa se-Tanah Grogot, saya buka dengan resmi dengan ucapan Bismillahirrahmanir rahim .

Selamat berpuasa, mudah-mudahan semuanya diberi rezeki, hidayah dan taufik-Nya untuk menjalankan ibadah puasa ini. Amin.

Sekian terima kasih.

Wabillahit taufiq wal hidayah

Wassalamu alaikum wr.wb

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PEMBUKAAN SEMINAR HARI ANAK NASIONAL DAN SOSIALISASI UU NO. 23 TAHUN 2002 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK

Tanah Grogot, 11   Agustus 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Ketua Pengadilan dan Unsur Muspida Kabupaten Paser;

Yth.              Panitia Hari Anak Nasional 2009;

Yth.              Asisten, Staf Ahli, Kepala Instansi Pemerintah Kab. Paser;

Yth.              Bapak Selamat Said Sanib, Narasumber dari Samarinda;

Yth.              Ketua Komite Sekolah, Kepala Sekolah, Guru Pendamping, Orang tua dan Wali serta para siswa sekalian;

Peserta seminar dan sosialisasi, Hadirin dan Undangan yang berbahagia;

Alhamdulillah, marilah senantiasa kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena dengan segala rahmat, taufik dan hidayah-Nya jualah kita dapat berkumpul di tempat ini guna mengikuti berbagai kegiatan, masih dalam rangkaian peringatan Hari Anak Nasional 2009. Salawat dan salam marilah senantiasa kita sampaikan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW yang telah membawa manusia keluar dari alam kegelapan kepada alam yang terang benderang.

Hadirin yang berbahagia,

Seperti yang telah dituangkan didalam Undang-Undang Dasar 1945 pada Pasal 28 B ayat (2) menyatakan bahwa “Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi ”. Hal ini telah memberikan landasan yang kuat bahwa setiap anak berhak untuk hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak untuk memperoleh perlindungan dari kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.

Untuk itulah, sudah sepantasnya bila Pemerintah Kabupaten Paser dan seluruh masyarakat Bumi Daya Taka memberikan dukungan agar setiap anak memperoleh hak-haknya.

Sejumlah hak yang seyogianya didapatkan oleh setiap anak di Kabupaten Paser seperti halnya setiap anak di Nusantara antara lain (1) pelayanan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dalam rangka pengembangan pribadi dan semua potensi sesuai dengan minat dan bakatnya.

(2) Pelayanan kesehatan yang bermutu dan jaminan sosial anak (3) Kebebasan berpendapat untuk menyatakan dan didengar pendapatnya, memberikan informasi sesuai dengan tingkat usinya demi pengembangan diri yang tidak terlepas dari norma kesusilaan dan kepatutan.

(4) Beristirahat dan memanfaatkan waktu luang sebaik-baiknya (5) perlindungan dari diskriminasi, ekspolitasi baik ekonomi maupun seksual, penelantaran, tindak kekerasan, penganiayaan, ketidakadilan dan perlakuan salah lainnya.

Hadirin yang dimuliakan Allah, SWT,

Mengingat upaya untuk memberikan jaminan perlindungan dan pemenuhan hak anak telah menjadi komitmen nasional dan internasional, maka diperlukan pula dukungan sebagai kewajiban dan tanggung jawab pemerintah daerah, masyarakat, keluarga serta orang tua dalam perlindungan dan pemenuhan hak-hak tersebut.

Seiring dengan lahirnya Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, maka peringatan HAN 2009 merupakan momentum yang sangat tepat untuk menggugah dan membangkitkan segenap komponen, yaitu pemerintah, dunia usaha, masyarakat, keluarga dan orang tua akan pentingnya perlindungan dan pemenuhan hak anak, termasuk pemenuhan pelayanan kesejahteraannya.

Momentum ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya mengingat hingga saat ini masih banyak anak yang belum mendapatkan haknya.

Saudara-saudara para hadirin,

Secara khusus saya sampaikan terima kasih kepada panitia Hari Anak Nasional Kabupaten Paser 2009. Patut diakui bahwa peringatan HAN tahun ini lebih meriah, lebih kreatif dan lebih inovatif dibanding tahun-tahun yang lalu.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Dan dengan mengucapkan Bismillahirahmanir rahim, seminar Hari Anak Nasional dan sosialisasi UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, hari ini Selasa, 11 Agustus 2009 saya nyatakan dibuka dengan resmi, semoga Allah SWT selalu meridhoi kita semua.

Terima kasih.

Sekian terima kasih,

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PEMBUKAAN LOKAKARYA MODEL PENGEMBANGAN INDUSTRI PANGAN BERBASIS PADI DI TANAH GROGOT

Tanah Grogot, 5 Agustus 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Ketua Pengadilan dan Unsur Muspida Kabupaten Paser;

Yth.              Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi Kaltim;

Yth.              Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kaltim;

Yth.              Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kab. Paser;

Yth.              Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth.              Para Narasumber baik dari Perguruan tinggi maupun dari Pemerintah;

Peserta Lokakarya, Hadirin dan Undangan yang berbahagia;

 

Alhamdulillah, marilah senantiasa kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena dengan segala rahmat, taufik dan hidayah-Nya jualah kita dapat berkumpul di tempat ini guna melaksanakan lokakarya model pengembangan industri pangan berbasis padi. Salawat dan salam marilah senantiasa kita sampaikan kepada junjunan Nabi Muhammad SAW yang telah membawa manusia keluar dari alam kegelapan kepada alam yang terang benderang.

Selamat datang kepada bapak pejabat dari Departemen Pertanian RI dan rombongan dari Provinsi Kalimantan Timur di Bumi Daya Taka Kabupaten Paser semoga kedatangan bapak/ibu membawa berkah bagi masyarakat Kabupaten Paser.

Saudara-saudara para hadirin ,

Pertanian merupakan sektor strategis yang berperan penting terhadap pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja, penanggulangan kemiskinan, sumber devisa dan ketahanan pangan.

Terjadinya krisis pangan dan kenaikan harga pangan akhir-akhir ini menunjukkan betapa pentingnya peran sektor pertanian dalam kehidupan masyarakat.

Krisis dan meningkatkan harga pangan tersebut disebabkan peningkatan permintaan pangan dunia yang semakin tinggi, sementara peningkatan pasokan lambat, baik karena cuaca ataupun  keterbatasan lahan serta kompetisi pemanfaatan untuk kebutuhan konsumsi dan sumber energi alternatif memberikan kontribusi pula terhadap kenaikan harga pangan.

Saudara-saudara para hadirin ,

Indonesia sebagai negara agraris masih menggantungkan pangan dari luar negeri. Data menunjukkan bahwa impor kebutuhan pokok pertahun tidak kurang dari 1(satu) juta ton beras, 1,5 (satu setengah) juta ton jagung dan 1,6 (satu koma enam) juta ton gula dari kebutuhan nasional.

Kebijakan import tersebut tidak mensejahterakan petani dalam negeri, bahkan akan menguras devisa negara yang menyebabkan ketergantungan ekonomi dan bahkan pada negara lain.

Upaya peningkatan kesejahteraan petani perlu dilakukan dengan mengurangi atau bahkan meniadakan import pangan dari negara lain. Petani perlu diberdayakan kemampuan mengelola usahatani secara modern, profesional dan berorietasi keuntungan.

Saudara-saudara para hadirin ,

Cara kerja petani perlu kita perbaiki diubah dari bersifat turun temurun, menghasilkan produk pertanian dengan sarana/prasarana seadanya menjadi lebih baik dengan etos kerja yang produktif dan berorientasi kepada keuntungan usahatani atau lebih dikenal dengan istilah berorientasi kepada pasar.

Kalimantan Timur khususnya Kabupaten Paser telah menjalankan berbagai kebijakan strategi, program dan proyek pengembangan/pembangunan pertanian dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani. Namun demikian masih banyak petani yang belum mampu menjadi pelaku ekonomi yang dapat bersaing dan mempunyai posisi tawar yang baik dalam mata rantai perdagangan hasil-hasil pertanian.

Saudara-saudara para hadirin

Alhamdulillah dengan kerja keras  Pemerintah Daerah, DPR dan petani dari tahun ketahun Kabupaten Paser dapat meningkatkan produksi padi, dan pada tahun 2008 Presiden telah memberikan penghargaan kepada masyarakat Kabupaten Paser karena telah dapat meningkatkan produksi padi lebih dari 5%, semoga peningkatan produksi dapat terus dipertahankan dan dapat lebih ditingkatkan lagi.

Saudara-saudara para hadirin ,

Saya menyambut baik lokakarya model pengembangan industri pangan berbasis padi ini guna melihat, mendengar dan merumuskan segenap potensi berbagai pihak di Kabupaten Paser agar memberikan masukan guna meningkatkan pruduksi dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani.

Secara khusus saya sampaikan kepada Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten agar dapat menyampaikan laporan hasil-hasil rumusan lokakarya ini kepada saya untuk dapat ditindak-lanjuti dalam kegiatan-kegiatan di tahun akan datang.

Saudara-saudara para hadirin.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Dan dengan mengucapkan Bismillahirahmanir rahim , lokarkarya ini saya buka dengan resmi, semoga Allah SWT selalu meridhoi kita semua.

Terima kasih.

Sekian terima kasih,

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PEMBUKAAN PELATIHAN KADER KONSERVASI

Tanah Grogot, 18 Agustus 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Paser beserta jajaran;

Yth.              Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kab. Paser;

Yth.              Narasumber;

Peserta Pelatihan, Hadirin serta para Undangan yang berbahagia;

 

Marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, yang tiada kunjung hentinya menganugerahkan nikmat dan karunia-Nya, sehingga pada pagi hari ini kita diberikan kesempatan untuk mengikuti pembukaan pelatihan kader konservasi yang dilaksanakan oleh Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Paser.

Pelestarian fungsi lingkungan hidup merupakan rangkaian upaya untuk memelihara kelangsungan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup, dalam rangka mewujudkan pelaksanaan pembangunan berkelanjutan. Upaya tersebut dapat dicapai melalui perlindungan, peningkatan dan pemanfaatan yang berkesinambungan dari sumber daya alam yang dimiliki.

Hadirin yang berbahagia

Sumber daya alam yang meliputi tanah, air, udara, tumbuhan dan satwa merupakan unsur pembentuk kualitas dan fungsi lingkungan hidup bagi penopang kelangsungan kehisupan dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu arah kebijakan pemanfaatan sumber daya alam tersebut meliputi tiga pilar pembanghunan dan menekankan pada aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

Berdasarkan data 2007, mengindikasikan telah terjadi kerusakan sumber daya hutan dan lahan seluas sebih dari 48 juta hektar. Kerusakan sumber daya hutan dan lahan tersebut terus meningkat dengan laju kerusakan sebesar 1.8 juta hektar sampai 2.2 juta hektar per tahun.

Kerusakan sumber daya hutan dan lahan tersebut telah mengakibatkan terjadinya fragmentasi berbagai habitat dan penurunan populasi berbagai jenis tumbuhan dan satwa. Di samping itu, juga telah mengakibatkan menurunnya kualitas lingkungan daerah aliran sungai yang diindikasikan dengan semakin meningkatnya jumlah Daerah Aliran Sungai (DAS) yang kondisinya kritis.

Hadirin yang berbahagia

Sementara ini aktifitas berbagai sektor dalam pengelolaan hutan, sumber daya alam dan sungai belum dapat mengatasi berbagai permasalahan yang ada seperti kerusakan sumber daya hutan dan lahan, banjir dan tanah longsor, ancaman kepunahan berbagai jenis tumbuhan dan hewan, abrasi pantai, dan kekeringan serta ancaman masalah lingkungan global seperti perubahan iklim.

Ada berbagai macam upaya untuk mendorong mengatasi berbagai permasalahan tersebut yang dilakukan melalui pelaksanaan pengawasan yang diarahkan kepada kinerja SKPD terkait dalam ketepatan untuk melaksanakan peraturan atau kebijakan di bidang konsultasi hutan dan lahan serta pengendalian laju kerusakan lingkungan.

Sesuai dengan salah satu misi Kabupaten Paser, yaitu menjadi kabupaten konservasi dan telah dideklarasikannya Kabupaten Paser sebagai kabupaten konservasi tahun 2006, maka mealui kegiatan Pelatihan Kader Konservasi Lingkungan ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat dan pelaku usaha untuk berperan aktif dalam pelestarian sumber daya alam dan pengendalian kerusakan lingkungan.

Hadirin yang berbahagia,

Akhirnya, sesuai dengan semangat proklamasi dan semangat Paser Buen Kesong, saya berharap acara pelatihan kader konservasi ini dapat menjadi momentum yang baik untuk dapat mengubah perilaku semua pihak secara bersama-sama menjadi insan Kabupaten Paser yang peduli terhadap kelestarian lingkungan, sehingga dengan segala doa dan perjuangan yang kita laksanakan di Tana Paser ini kelak dapat benar-benar kita tuai.

Selanjutnya dengan mengucap Bismillahirrahmanir rahim , pelatihan Kader Konservasi dengan resmi saya nyatakan dibuka.

Doa dan perjuangan di tana Paser

Tanami dengan segala kebaikan

Kelak kita akan menuainya bersama

Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-64 Republik Indonesia. Dirgahayu.

 

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA EKSPOSE KINERJA PELAYANAN PUBLIK

Tanah Grogot, 10 Agustus 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Ketua Tim Penilai Pusat Kinerja Pelayanan Publik Berserta rombongan, serta Tim dari Provinsi Kaltim;

Yth.              Sdr. Wakil Bupati Paser;

Yth.              Sdr. Sekretaris Daerah Kab. Paser;

Yth.              Para Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Paser serta para hadirin yang berbahagia;

Puji syukur ke hadirat Allah SWT, atas kehendak dan ijin-Nya kita dapat berkumpul dalam rangka ekspose kinerja pelayanan publik Kabupaten Paser.

Hadirin yang saya hormati,

Terlebih dahulu saya sampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Tim Penilai Provinsi Kalimantan Timur yang telah mempercayakan Kabupaten Paser sebagai salah satu Kabupaten/Kota yang mewakili Provinsi Kalimantan Timur ke tingkat Pusat dalam rangka Lomba Penilaian Kinerja Pelayanan Publik antar Kabupaten/Kota. Serta ucapan selamat datang dan penghargaan Kepada Saudara Ketua Penilai Pusat beserta Rombongan yang telah bersedia datang ke tempat kami.

Kami menyambut baik Lomba Kinerja Pelayanan Publik antar Kabupaten/Kota yang dilaksanakan setiap tiga tahun sekali, sebagai penghargaan tertinggi di bidang layanan publik, yakni Piala Citra Bakti Abdi Negara kepada Kabupaten/Kota yang berkomitmen dan dinilai baik dalam penyelenggaraan pelayanan Publik. Citra Bhakti Abdi Negara ini dimaknai sebagai upaya pemerintah pusat untuk mendorong daerah dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan pelayanan publik di daerahnya masing-masing.

Hadirin yang saya hormati,

Pelayanan Publik adalah sesuatu yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Sebagai contoh, mulai kita dalam kandungan Ibu, sudah perlu pelayanan seorang dukun bayi, bidan, maupun dokter. Perlu diperiksa apakah janin yang dikandung dalam keadaan normal. Ketika lahir perlu klinik bersalin dan dibuatkan akte kelahirannya. Saat usia balita perlu diimunisasi agar terlindung dari penyakit. Ketika memasuki usia sekolah perlu disiapkan sekolahnya, ketika menikah dibuatkan Surat Nikahnya, ketika menjadi pejabat perlu menfasilitasinya dangan rumah dinas, mobil dinas dan keperluan lainnya. Dan ketika meninggal dunia diuruskan surat kematiannya hingga mengantarkannya sampai kuburan. Jadi dari ilustrasi di atas, maka pelayanan publik boleh dikatakan meliputi seluruh aspek kehidupan manusia itu sendiri.

Hadirin yang saya hormati,

Di bawah Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Kementerian Negara PAN sangat menaruh perhatian besar kepada Peningkatan Pelayanan Publik. Selain Lomba Penilaian Kinerja Pelayanan Publik, Citra Bhakti Abdi Negara dan Citra Pelayanan Prima, banyak regulasi yang dikeluarkan terkait dengan upaya peningkatan pelayanan publik, antara lain Undang-undang Tentang Paket Iklim Investasi, Peraturan Tentang Standar pelayanan Publik, Standar Pelayanan Minimal, Indeks Kepuasan Masyarakat, Survey ketidakpuasan masyarakat (Manual Praktis), Undang-undang Ombudsman, Peraturan Tentang penyelenggaraan satu pintu, dan Undang- undang pelayanan publik yang baru-baru ini disahkan dan akan segera diberlakukan.

Hadirin yang saya hormati,

Seiring agenda reformasi, dorongan Pemerintah Pusat dan desakan serta kesadaran serta tingkat kritis masyarakat yang semakin tinggi, Pemerintah Kabupaten Paser, seperti juga daerah lainnya telah melakukan upaya-upaya pelayanan publik.

Sesuai visi Kabupaten Paser “ menuju masyarakat kabupaten paser yang agamais, sejahtera dan berbudaya” dan misi kabupaten paser, yaitu mengembangkan ekonomi kerakyatan, meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, menumbuhkembangkan kehidupan masayarkat yang berbudaya, dan mewujudkan kabupaten konservasi.

Penyelenggaraan pelayanan publik secara ringkas dapat kami sampaikan sebagai berikut.

Bidang Pendidikan Pemkab Paser telah mengalokasikan dana 20% dari Total APBD paser dengan prioritas utama yakni: pendidikan usia dini (PAUD), pendidikan Menengah, pendidikan bagi guru.

Pemerintah Kabupaten Paser telah melakukan program pendidikan gratis baik SD, SMP, maupun SMA, memberikan beasiswa bagi siswa berprestasi maupun yang tidak mampu termasuk yang berhasil masuk ke sekolah unggulan SMA 10 Melati Samarinda serta menyekolahkan lebih seribu orang putra-putri Paser untuk sekolah teknis dan kejuruan.

Pemerintah Kabupaten Paser telah melakukan terobosan membangun Madrasah Bertaraf Internasional (MBI) yang saat ini dalam tahap pembersihan lokasi bangunan, Pembangunan SMK 4 Kejuruan serta pembangunan Balai Latihan Kerja yang dalam proses penyelesaian.

Untuk kemudahan transportasi, Pemkab Paser telah mengadakan bis sekolah untuk kecamatan Longkali.

Hadirin yang saya hormati,

Bidang Kesehatan, Pemerintah Kabupaten telah melakukan kebijakan pembebasan biaya berobat di seluruh puskesmas, di rumah sakit untuk kelas III bagi yang tidak mampu, dan mengalokasikan dana Jamkesmas untuk masyarakat yang kurang mampu, pengadaan mobil ambulans, sarana puskesmas keliling darat dan air, perbekalan obat dan alat kesehatan.

Pemerintah kabupaten paser telah pula mengalokasikan dana sebesar 162 milyar lebih untuk membangun rumah sakit Umum Panglima sebaya, secara multiyears yang saat ini masih tahap pembangunan.

Selain itu program prioritas lain, yang setiap tahun dilaksanakan adalah operasi bibir sumbing, katarak bagi lansia yang tidak mampu, fogging untuk penanggulangan demam berdarah, pelaksanaan program desa siaga, posyandu lansia, dan mulai pertengahan Juli 2009 Dinas Kesehatan telah melaksanakan pelayanan puskesmas 24 jam di puskesmas Kuaro dan Long Ikis.

Bidang infrastruktur, sampai saat ini Pemkab Paser telah membangun sarana dan prasarana berupa jalan dan jembatan, irigasi di dalam kota dan desa dalam rangka meningkatkan pelayanan tranportasi untuk masyarakat maupun sebagai akses dalam rangka penguatan ekonomi pedesaan. Pemkab Paser telah pula merintis pembangunan bandar udara yang saat ini telah ditetapkan lokasinya

Selain itu telah dibangun fasilitas-umum seperti Gedung Perempuan Berjaya, Pembangunan Panti Jompo, Taman Putri Saleha, taman bermain anak sepanjang tepian sungai Kandilo, arena promosi seni budaya Putri Petong.

Untuk mempertahankan mutu penerangan jalan, Pemkab Paser mensiasatinya dengan pembelian lampu jalan hemat energi, serta melakukan perawatan instalasi yang sudah ada serta menghibahkan pembelian 4 buah genset kepada PLN ranting Tanah Grogot.

Pelayanan di bidang penyediaan air bersih, saat telah dibangun water treatment di Tepian Batang Tanah Grogot, serta Pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di beberapa kecamatan, yaitu kecamatan Muara Komam, Kuaro, Batu Engau, Batu Kajang, Long Ikis, Long Kali, Pasir Belengkong atau Sangkuriman.

Di bidang lingkungan hidup, Pemerintah Kabupaten Paser telah mencanangkan gerakan Hijau Berbunga Bersih dan Sehat (HBBS). Dan pada tahun 2006 meraih penghargaan sebagai Penyusun Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) terbaik kategori Kabupaten. Selanjutnya pada tahun 2008 meraih Penghargaan berupa Piagam Adipura atas upaya terbaik dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup perkotaan.

Hadirin yang saya hormati,

Demikianlah sekilas Kinerja Pelayanan Publik yang telah dilakukan oleh Pemkab Paser. Semoga Ketua Tim Penilai Pusat beserta rombongan dapat memberikan penilaian terbaik sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama.

 

Terima kasih.

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

 

BUPATI PASER

 

ttd

 

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

 

 

 

 

Wed, 16 Dec 2009 @11:58
Tags: humaspro


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 1+4+5

Copyright © 2014 Jimi paser · All Rights Reserved